PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMP ERLANGGA TANGGAMUS

FILSA, ARTHA MAYORI (2021) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMP ERLANGGA TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (12MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL FILSA ARTHA MAYORI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMP ERLANGGA TANGGAMUS Oleh Filsa Artha Mayori Modul adalah salah satu bahan ajar mandiri yang dapat di gunakan oleh peserta didik untuk memahami materi pembelajaran. Kurang adanya bahan ajar mandiri yang digunakan peserta didik dalam proses pembelajaran pendidikan agamaIslam di SMP Erlangga kelas VIII membuat pelajaran. Tujuan adalah memahami kurang didik materi penelitian ini peserta mengembangkan suatu produk modul pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik modul dengan menggunakan metode cooperative script pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII dan untuk mengetahui kelayakan modul yang dikembangkan. Materi yang dikembangkan adalah mengkonsumsi makanan dan minuman halal dan menjauhi yang haram. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D ( Research and Development ). Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah Borg and Gallyang telah divariasi oleh Sugiyono. Ada 7 tahapan dalam pengembangan ini yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk dan revisi produk. Intrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada dosen ahli materi,dosen ahli media, untuk da melihat hasil kelayakan dari produk yang dikembangkan oleh peneliti. Adapun angket yang diberikan kepada guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dan peserta didik untuk mengetahui kemenarikan modul yang dikembangkan. Dari analisis data yang diperoleh, dari ahli materi dan ahli media dinyatakan bahwa modul yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan analisis data yang didapat dari respon guru dan respon siswa menyatakan bahwa modul yang dikembangkan sangat menarik. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi, ahli media, guru dan peserta didik modul pendidikan agama Islam berbasis cooperative script materi mengkonsumsi makanan dan minuman halal dan menjauhi yang haram kelas VIII SMP dapat dijadikan salah satu bahan ajar dalam proses pembelajaram bagipeserta didik dan guru di SMP Erlangga Tanggamus. Kata Kunci: pengembangan modul berbasis cooperative scriptABSTRAK THE DEVELOPMENT OF COOPERATIVE SCRIPT BASED MODULE IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION SUBJECTS IN CLASS VIII SMP ERLANGGA TANGGAMUS The lack of independent teaching materials that used by students in the learning process of Islamic religious education at SMP Erlangga class VIII makes students less understanding of the subject matter. The purpose of this study is to develop a learning module product that is in accordance with the characteristics of the module using the cooperative script method in Islamic religious education subject in class VIII and to determine the feasibility of the developed module. The material developed is consuming halal food and drinks and staying away from what is haram. The type of the research used is R&D (Research and Development). The model used in this development is Borg and Gall which has been varied by Sugiono. There are 7 stages in this development, namely potential problems, data collection, product design, product validation, product revision, product testing, and product revision. The data collection instrument used is in the form of a questionnaire that given to material expert lecturers, media expert lecturers, to be able to see the feasibility of the product developed by the researcher. The questionnaire was given to teachers of Islamic religious education subjects and students to find out the consistency of the modules being developed. From the analysis of the data obtained, from material experts and media experts it was stated that the module developed was very suitable for use in the learning process and data analysis obtained from teacher responses and student responses stated that the developed module was very interesting. Based on the results of the assessment of material experts, media experts, teachers and students of Islamic religious education modules based on cooperative scripts, the material to consume halal food and drinks and stay away from what is haram, class VIII SMP can be used as one of the teaching materials for students and teachers at Erlangga Tanggamus Junior High School.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jun 2021 04:37
Last Modified: 17 Jun 2021 04:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14710

Actions (login required)

View Item View Item