IMPLEMENTASI METODE YANBU’A TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI KELAS IV MI AL-KHAIRIYAH NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

AYU, AMELIA (2021) IMPLEMENTASI METODE YANBU’A TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI KELAS IV MI AL-KHAIRIYAH NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of bab 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI METODE YANBU’A TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MI AL-KHAIRIYAH NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN Oleh: Ayu Amelia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya anak-anak yang kurang tertarik oleh pembelajaran Al-Qur‟an dan belum bisa membaca Al-Qur‟an dan menulis huruf hijaiyyah dengan baik. Walaupun memiliki kemampuan membaca, namun belum sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrojnya yang benar. Dihadapkan dengan permasalahan tersebut terdapat pembelajaran metode Yanbu‟a sesuai dengan kaidah tajwid yang benar yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa. Yanbu‟a adalah buku tentang tata cara membaca, menulis dan menghafal Al-Qur‟an yang bisa dimanfaatkan oleh ummat, sehingga bisa terlatih kefasihannya mulai usia anak-anak. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah Implementasi metode yanbu‟a terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an di kelas IV MI Al-Khairiyah Natar Kabupaten Lampung Selatan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran mengenai implementasi metode yanbu‟a terhadap kemampuan membaca Al�Qur‟an di MI Al-Khairiyah Natar Kabupaten Lampung Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di MI Al-Khairiyah Natar Kabupaten Lampung Selatan yakni: Implementasi metode yanbu‟a terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an di kelas IV MI Al-Khairiyah sudah sesuai prosedur tatacara pengajaran yang ditentukan dalam kitab Yanbu‟a pada bimbingan mengajar Yanbu‟a. Metode Yanbu‟a memiliki dampak positif terhadap proses pembelajaran, proses belajar mengajar terlaksana lebih maksimal dan lebih baik setelah pendidik mengimplementasikan metode Yanbu‟a pada proses belajar Membaca Al-Qur‟an. Implementasi metode yanbu'a terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an di kelas IV MI Al-Khairiyah cukup berhasil dan memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an sehingga dapat memperbaiki kelancaran membaca siswa sesuai makhorijul hurufnya dan sesuai kaidah ilmu tajwid. Nilai peserta didik telah memenuhi standar kemampuan membaca dengan rata-rata mendapat nilai Lulus. Hal ini mengindikasikan bahwa indikator kemampuan membaca Al-Qur‟an sudah dikuasai oleh peserta didik. Kata Kunci : Metode Yanbu’a, Kemampuan Membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jun 2021 02:46
Last Modified: 16 Jun 2021 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14674

Actions (login required)

View Item View Item