LAYANAN MEDIASI SEBAGAI UPAYA PENYELESAIAN SENGKETA HAK ASUH ANAK DI UNIT PELAKSANA TUGAS DAERAH PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK (UPTD PPA) KOTA METRO PROVINSI LAMPUNG

NANDA, ADHI PRAYOGA (2021) LAYANAN MEDIASI SEBAGAI UPAYA PENYELESAIAN SENGKETA HAK ASUH ANAK DI UNIT PELAKSANA TUGAS DAERAH PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK (UPTD PPA) KOTA METRO PROVINSI LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI NANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perceraian yang terjadi pada Orang Tua sering kali berakhir pada sengketa pengasuhan anak hal ini dikarenakan si anak masih perlu penjagaan, pengasuhan, pendidikan, perawatan dan melakukan berbagai hal demi keselamatanya. Oleh karena itu penetapan penyerahan hak asuh anak itu tidak bisa dengan mudah dilakukan, karena anak itu bukanlah sebuah barang yang bisa dengan mudahnya berpidah tangan. Maka perlunya layanan mediasi untuk menyelesaikan masalah�masalah yang ada yaitu dengan seorang mediator dalam sengketa kuasa pengasuhan anak dalam hal yang berkaitan perlindungan anak, maka perlu penanganan langsung oleh komete perlindungan perempuan dan anak sebagai mitra penegak hukum. Dengan adanya mediator dari Perlindungan Perempuan dan Anak diharapkan dapat memberikan kontribusi guna melindungi kepentingan anak, sebagaimana yang telah ditentukan. Adapun Unit Pelaksanaan Tugas Daerah Pemberdayaan Perempuan Dan Anak di Kota Merto Provinsi Lampung sebagai pemberi layanan mediasi atau seorang mediator untuk membantu pihak�pihak yang bersengketa atau sendang berkonflik untuk merebutkan hak asuh anak maka perlu mengoptimalkan peran mediator untuk memfasilitasi kepentingan anak terhadap orang tuanya agar perselisihan tidak berkelanjutan dan menggangu psikologi anak-anak yang orang tuanya sendang berselisih. Kemudian yang menjadi pokok permasalahanya dalam skripsi ini “Bagaimana Layanan Mediasi Sebagai Upaya Penyelesaian Sengketa Hak Asuh Anak Di Unit Pelasanaan Tugas Daerah Pemberdayaan Perempuan Dan Anak (UPTD PPA) Kota Metro Provinsi Lampung? Jenis peneitian ini adalah penlitian lapangan (field research), bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengurus, mediator di UPTD PPA Kota Metro dan dua keluarga yang sedang bersengketa hak asuh anak. Sedangkan sampelnya 2 orang kepala UPTD, 2 orang mediator , jumlah sampel seluruhnya yaitu 4 orang. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan metode deskritif Kualitatif, dengan teknik berfikir deduktif. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa proses layanan mediasi yang diberikan oleh UPTD PPA Kota Metro yaitu layanan mediasi sebagai upaya penyelesaian sengketa hak asuh anak sudah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jun 2021 02:42
Last Modified: 16 Jun 2021 02:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14673

Actions (login required)

View Item View Item