PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

ENDANG, PUTRI NINGSIH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Endang.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam matematika pengetahuan yang dimiliki peserta didik merupakan konstruksi dari dirinya sendiri sebagai konstruksi kognitif terhadap objek, pengalaman, maupun lingkungannya. Peserta didik harus aktif berfikir, menyusun konsep dan mamberi makna hal-hal yang sedang dipelajari. Permasalahan terjadi pada siswa-siswi di sekolah SMP N Lampung Timur. Sebagian besar peserta didik kelas VII Akurang dari Kriteria ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditetapkan sekolah dan pendidik mata pelajaran matematika yaitu 65. Kendala lain yang dihadapi saat melakukan pembelajaran khususnya matematika yakni kurangnya dasar (basic) matematikanya sehingga ketika sekolah kejenjang menengah keatas terhambat. Penelitian ini berfokus pada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan bahan ajar gamifikasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis di tinjau dari gaya kognitif. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Jenis eksperimen yang digunakan adalah Quasy Experimental Design. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CTL menggunakan bahan ajar gamifikasi terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Peserta didik dengan model pembelajaran CTL menggunakan bahan ajar gamifikasi memiliki peningkatankemampuan pemahaman konsep matematis yang lebih baik dari peserta didik dengan metode pembelajaran konvensional. KataKunci: CTL, Gamifikasi, Pengaruh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jun 2021 02:29
Last Modified: 16 Jun 2021 02:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14670

Actions (login required)

View Item View Item