PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE- EXPLAIN) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOLOGI KELAS XI DI MAN 1 LAMPUNG UTARA

ANTON, SUHENDAR (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE- EXPLAIN) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOLOGI KELAS XI DI MAN 1 LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP ANTON.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE- EXPLAIN) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOLOGI KELAS XI DI MAN 1 LAMPUNG UTARA Oleh ANTON SUHENDAR Berdasarkan hasil pra penelitian yang telah dilakukan di MAN 1 Lampung Utara, dalam pembelajaran biologi pendidik menggunakan model pembelajaran Direct Intruction. Kegiatan pembelajaran yang berlangsung masih didominasi oleh pendidik, peran peserta didik kurang aktif serta kurang terlibat sepenuhnya terutama untuk menggali pengetahuan awal yang dimiliki peserta didik. Hal ini berdampak pada rendahnya pemahaman konsep dan keterampilan komunikasi yang dimiliki peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap pemahaman konsep dan keterampilan komunikasi peserta didik pada materi biologi kelas XI di MAN 1 Lampung Utara pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang diterapkan yakni penelitian kuantitatif menggunakan metode Quasi Eksperimen. Bentuk desain yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (Pretest dan Posttest), lembar observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah peserta didik yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel Clusther Random Sampling. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen XI MIA 1 dengan menggunakan model POE (Predict- Observe-Explain) dan kelas kontrol XI MIA 3 dengan menggunakan model Direct Instruction.. Uji hipotesis dalam penelitian ini ialah menggunakan uji MANOVA. Berdasarkan hasil uji normalitas menggunakan uji kolmogorov smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji levene‟s, perolehan data tersebut normal dan homogen, sehingga bisa digunakan untuk pengujian hipotesis. Uji hipotesis yang menggunakan uji MANOVA memperoleh taraf signifikasi < 0,05 yaitu 0,00 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) berpengaruh baik terhadap pemahaman konsep dan keterampilan komunikasi peserta didik. Kata Kunci: Model pembelajaran Predict-Observe-Explain, Pemahaman Konsep, Keterampilan Komunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 06:51
Last Modified: 15 Jun 2021 06:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14664

Actions (login required)

View Item View Item