PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDIOTORI, KINESTETIK (VAK) BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 21 BANDAR LAMPUNG

RISKA, APRIANA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDIOTORI, KINESTETIK (VAK) BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 21 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of COVER - BAB I - II - DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDIOTORI, KINESTETIK (VAK) BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITARTERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELASVIISMP NEGERI 21BANDAR LAMPUNG Oleh Riska Apriana Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Dimana penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik karena proses pembelajaran yang belum mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Rumusan masalah mengadakan penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik antara kelas yang menggunakan model Visual, Audiotori dan Kinestetik (VAK) berbasis jelajah alam sekitar dengan kelas yang menggunakan model Direct Instruction (DI). (2) Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif menggunakan model Visual, Audiotori dan Kinestetik (VAK) berbasisi jelajah alam sekitar pada peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah. (3) Apakah terdapat interaksi antara penggunaan modelVisual, Audiotori dan Kinestetik (VAK) berbasisi jelajah alam sekitar dengan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain faktorial 2x3. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 21 Bandar Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang dipilih dengan teknik acak kelas, yaitu kelas VII A merupakan kelas kontrol dan kelas VII D merupakan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan taraf signifikasi 5%. Dari hasil analisis diperoleh Fa = 92,316>Ftabel = 4,001 sehingga H0A ditolak, Fb = 4,446>Ftabel = 3,150 sehingga H0B ditolak, Fab = 4,299>Ftabel = 3,150 sehingga H0AB ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Visual, Audiotori dan Kinestetik (VAK) berbasis jelajah alam sekitar dengan kelas yang menggunakan model Direct Instruction (DI). (2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Visual, Audiotori dan Kinestetik (VAK) berbasis jelajah alam sekitar pada peserta didik yang memiliki motivasi belajartinggi, sedang rendah, (3) Terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran Visual, Audiotori dan Kinestetik (VAK) berbasis jelajah alam sekitar dengan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 03:47
Last Modified: 15 Jun 2021 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14648

Actions (login required)

View Item View Item