DAMPAK TEKNOLOGI KOMUNIKASI TERHADAP MORALITAS REMAJA ISLAM (Studi Di desa Tebat Jaya Kecamatan Buay Madang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur)”

FEBRI, UMAR HABIBI (2021) DAMPAK TEKNOLOGI KOMUNIKASI TERHADAP MORALITAS REMAJA ISLAM (Studi Di desa Tebat Jaya Kecamatan Buay Madang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur)”. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FEBRI UMAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kecanggihan teknologi di era globalisasi membuat dunia semakin maju dan modern, terutama pada alat teknologi komunikasi handphone yang semakin berkembang dan canggih membuat semua orang saat ini tertarik untuk memiliki dari anak-anak sampai orang dewasa. dari kecanggihan teknologi handphone memiliki dampak terhadap moralitas remaja, dari remaja yang menggunakan handphone membuat remaja berkata kasar, membantah orang tua, tidak menghargai orang lain, dan anti sosial. Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:Bagimana penggunaan teknologi komunikasi handphone pada remaja di desa Tebat Jaya?, Bagaimana dampak teknologi komunikasi handphone terhadap moralitas remaja di desa Tebat Jaya?. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan teknologi komunikasi handphone pada remaja di desa Tebat Jayadan untuk mengetahui dampak teknologi komunikasi handphone terhadap moralitas remaja. Dan hasil penelitian ini menunjukan bahwa:Penggunaan teknologi komunikasi handphone pada remaja di desa Tebat Jaya relatif sangat tinggi hal itu dilihat dari remaja yang rata-rata sudah memiliki handphone dengan apliksi yang lengkap memudahkan remaja berkomunikasi dan mencari informasi, tempat pembelajaran dan memperkuat keimanan remaja. Dampak teknologi komunikasi handphone terhadap moralitas remaja antara lain dapat membuat prilaku remaja tidak baik, keimanan remaja yang menurun, membuat kurangnya minat terhadap kebudayaan sendiri, moral yang menurun dan kurangnya bersosialisasi dalam masyarakat. Remaja sebagai generasi penerus harus lebih hati-hati dalam memilah dan memilih disaat menggunakan handphone agar tidak menjerumus ke hal yang negatif dan orang tua sebagai tempat utama dalam keluarga harus mengawasi anaknya dalam menggunkan handphone dan memberikan arahan terhadap anaknya mengenai dampak positif dan negatif yang dihasilkan handphone.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 03:32
Last Modified: 15 Jun 2021 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14645

Actions (login required)

View Item View Item