TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PEMBAYARAN RETRIBUSI JASA SEWA BANGUNAN (Studi di Pasar Baru Kecamatan Kedondong, Kabupaten Pesawaran)

HEALTHY, HARSELA (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PEMBAYARAN RETRIBUSI JASA SEWA BANGUNAN (Studi di Pasar Baru Kecamatan Kedondong, Kabupaten Pesawaran). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI HEALTHY HARSELA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pembayaran Retribusi Jasa Sewa Bangunan yang terjadi di lapangan tepatnya yang berada di Pasar Baru Kedondong, adanya pedagang yang lalai dan tidak mematuhi peraturan harga tarif yang telah dikeluarkan di Peraturan Daerah No. 60 Tahun 2017, di mana dalam pembayaran fasilitas tempat seperti penyewaan kios, los dan hamparan tersebut sebagian pedagang ada yang tidak membayar sesuai dengan harga yang telah ditetapkan. Kegiatan yang dilakukan oleh pedagang di Pasar Baru Kedondong yang lalai dan pembayaran yang tidak sesuai tersebut menyebabkan suatu kecurangan yang sudah menyalahgunakan dalam perjanjian akad Ijarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana praktik pembayaran retribusi jasa sewa bangunan di Pasar Baru Kedondong dan Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik pembayaran retribusi jasa sewa bangunan di Pasar Baru Kedondong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembayaran retribusi jasa sewa bangunan di Pasar Baru Kedondong dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum islam terhadap pembayaran retribusi jasa sewa bangunan di Pasar Baru Kedondong. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Sumber data yang dikumpulkan adalah data primer yang diambil dari sejumlah responden yang terdiri dari pihak pedagang dan petugas penarik retribusi. Untuk mendapatkan data yang valid penelitian ini menggunakan beberapa metode penelitian data yaitu wawancara. Sedangkan data sekunder dapat dilakukan melalui kepustakaan bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan buku-buku yang ada terdapat pada perpustakaan. Metode yang digunakan merupakan metode kualitatif, selanjutnya pembahasan disimpulkan seacara induktif. Berdasarkan hasil penelitian dalam pelaksanaan pembayaran retribusi jasa sewa bangunan di Pasar Baru Kedondong, yang terjadi di lapangan para pedagang yang membayar penyewaan toko/kios, los, hamparan dan pembayaran retribusi yang dilakukan setiap bulan, diketahui bahwa para pedagang di Pasar Baru Kedondong ini masih membayar dengan ketetuan tarif retribusi yang lama dan tidak membayar retribusi dengan ketetapan Perda yang baru. Pedagang yang menempati ruko tersebut diwajibkan membayar retribusi pelayanan pasar yang seharinya sebesar Rp.5000 dan sewa tanah sebesar Rp. 3000/m2/bulan, tarif tersebut adalah tarif baru yang berlaku dan telah ditetapkan pada Perda No.60 tahun 2017. Setelah diamati ternyata para pedagang masih menerapkan pembayaran retribusi dengan peraturan yang lama yaitu Perda No.1 tahun 2012 dengan harga tarif retribusi harian sebesar Rp.3000 dan sewa tanah sebesar Rp. 2000/m2/bulan, selain itupun pedagang masih lalai dan membayar tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Dalam hukum Islam ketidaksesuaian pembayaran tersebut antara kedua belah pihak yang terjadi di lapangan dan tidak terpenuhinya rukun dan syarat dari sewa menyewa membuat tarif tersebut batal dan tidak sah dalam hukum Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 03:22
Last Modified: 15 Jun 2021 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14642

Actions (login required)

View Item View Item