NANDA, SELVIA (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADU TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BLAMBANGAN UMPU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (5MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADU TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BLAMBANGAN UMPU Oleh : Nanda Selvia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan metakognisi dan konsep diri peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Blambangan Umpu masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dipadu teknik Mind Mapping terhadap kemampuan metakognisi dan konsep diri peserta didik kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design dan teknik pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling. Sampel ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen (XI MIA 3) dan kelas kontrol (XI MIA 1). Model Problem Based Learning dipadu teknik Mind Mapping dilaksanakan pada kelas eksperimen (XI MIA 3) sedangkan untuk kelas kontrol (XI MIA 1) menggunakan model Discovery Learning. Teknik pengumpulan data dengan tes uraian metakognisi dan lembar angket metakognisi untuk penilaian kemampuan metakognisi dan lembar angket konsep diri untuk penilaian konsep diri. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji Multivariate (MANOVA) dengan taraf signifikan sebesar 0,05. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig 0,000 < 0,05 dengan ketentuan H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh model Problem Based Learning dipadu Teknik Mind Mapping terhadap kemampuan metakognisi dan konsep diri peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Blambangan Umpu . Kata Kunci :Problem Based Learning, Mind Mapping, Kemampuan Metakognisi, Konsep Diri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 15 Jun 2021 03:17 |
Last Modified: | 15 Jun 2021 03:17 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14641 |
Actions (login required)
View Item |