MANAJEMEN PELAYANAN DAN KEPUASAN JAMA’AH (Studi Pada Takmir Masjid Ad-Du’a Way Halim Kota Bandar Lampung)

AHMAD, HAFIDZ UBAIDILLAH (2021) MANAJEMEN PELAYANAN DAN KEPUASAN JAMA’AH (Studi Pada Takmir Masjid Ad-Du’a Way Halim Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FULL SKRIPSI AHMAD HAFIDZ UBAIDILLAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of COVER,BAB1,BAB2 DAPUS AHMAD HAFIDZ UBAIDILLAH.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Masjid Ad-Du’a adalah salah satu Masjid yang berada dilokasi wilayah perkotaan yaitu di Way Halim Kota Bandar Lampung. Masjid Ad- Du’a merupakan Masjid yang memberikan pelayanan kepada jama’ah sesuai dengan kebutuhannya mulai dari sarana prasarana, kajian keagamaan, dan sosial kemasyarakatan. maka menurut peneliti Masjid ini bisa dijadikan sebagai acuan untuk masjid-masjid yang lainnya. Penelitian ini menggunakan Metode pendekatan kualitatif. Pendekatan ini menghasilkan data deskriptif terkait manajemen pelayanan Masjid Ad- Du’a Way Halim. Data-data dalam penelitian ini berupa data kualitatif, yaitu sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif, menggunakan analisis interaktif yaitu dengan tahap pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan ynag baik dilihat dari segi bagaimaima jama’ah merasa puas dengan pelayanan tersebut, Masjid Ad-Du’a Way Halim menerapkan manajemen dengan keseluruhan antara lain yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan, sebagai langkah awal dengan menyusun rencana, mengimplementasikan rencana seluruh kegiatan Masjid, dengan menerapkan prinsip, asas pelayanan dan mengoordinasikan kegiatan di bidang Idaroh, Immaroh, dan Ri’ayah, demi tercapainya tujuan pelayanan yang ditunjukan langsung kepada jama’ah. Manajemen pelayanan yang telah diterapkan oleh Masjid Ad-Du’a sudah dapat dikatakan baik sehingga dari segi pelayana yang diberikan dapat memberikan Masjid Ad-Du’a dijadikan rujukan oleh jama’ah dan masjid- masjid lain dalam memberikan pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 03:11
Last Modified: 15 Jun 2021 03:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14637

Actions (login required)

View Item View Item