IMPLEMENTASI KONSELING INDIVIDU DALAM MEREDUKSI PERILAKU MENYONTEK PESERTA DIDIK DI SMA N 1 TANJUNG BINTANG

JODI, ANGGARA (2021) IMPLEMENTASI KONSELING INDIVIDU DALAM MEREDUKSI PERILAKU MENYONTEK PESERTA DIDIK DI SMA N 1 TANJUNG BINTANG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of JODI ANGGARA ( BAB 1-3 ).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of JODI ANGGARA ( BAB 1-3 ).pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK JODI ANGGARA, “ Implementasi Konseling Individu dalam Mereduksi Perilaku Menyotek Peserta didik di SMA N 1 Tanjung Bintang”. Peserta didik cenderung tertutup dan kurang bersosialisai dengan guru sehingga menimbulkam problem yang mengakibatkan peserta didik tersebut melkukan tindakan yang menyalahi aturan sekolah.Disitulah guru bimbingan konseling berperan penting untuk mengatasi permasalahn yang di alami peserta didik tersebut salah satunya dengan memberikan layanan bimbingan konseling. rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah program dan perencanan konseling individu dalam mereduksi perilaku menyontek peserta didik di SMA N 1 Tanjung Bintang ?, (2) bagaimana perosedur pelaksanaan konseling individu dalam mereduksi perilaku menyeontek peserta didik di SMA N 1 Tanjung Bintang ?, (3) bagaimanakah hasil yang di capai dalam mereduksi perilaku menyontek peserta didik di SMA N 1 Tanjung Bintang ? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, subjek penelitian yaitu Guru BK, dan Peserta didik.Objek penelitian adalah Tahap-tahap, Faktor pendukung dan Penghambat Pelaksanaan konseling Individu dalam Mereduksi Perilaku Menyontek Peserta Didik di SMA N 1 Tanjung Bintang. Teknik pengumpulan data menggunakan Dokumentasi, Wawancara dan Observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Guru Bimbingan Konseling belum berhasil melakukan konseling dengan baik, karna proses konseling yang di lakukan tidak sesuai dengan teori yang ada dalam peroses konseling. pelaksanan konseling individu tersebut tidak menggunakan pendekatan pendekatan yang ada dalam teori konseling sehingga hasil yang di capai dalam konseling tidak maksimal dan hanya membuat peserta didik tersebut memahami permasalahan yang di hadapinya secara mendasar saja. Dan untuk selajutnya dalam pelaksannan konseling guru bimbingan konseling harus lebih memperhatikan prosesnya dan hasil yang di daptkan nantinya dan bagi peserta didik diharapkan jangan takut untuk mengungkapkan permasalahan yang di hadapinya kepada guru bimbingan konseling karna guru bimbingan konseling bukanlah seperti apa yang kalian bayangkan melainkan guru konseling adalah seorang yang dapat membantu kalian untuk bisa mengatasi persoalan yang sedang di hadapi peserta didik dan juga dapat membantu untuk mengembangkan potensi yang ada pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 02:21
Last Modified: 15 Jun 2021 02:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14625

Actions (login required)

View Item View Item