PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING BERBANTU LAGU EDUKASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

Ladika, Anathiya (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING BERBANTU LAGU EDUKASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LADIKA ANATHIYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pemahaman konsep matematis adalah kompetensi yang ditunjukkan peserta didik dalam memahami konsep, menghapal juga menerapkan rumus dalam melakukan prosedur (algoritma) secara tepat, akurat, dan efisien. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Genius Learning berbantu Lagu Edukasi terhadap pemahaman konsep matematis , untuk mengetahui pengaruh antara peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi, sedang dan redah terhadap pemahaman konsep matematis. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis True Eksperiment Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sukau, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random sampling dimana kelas VII A sebagai kelas eksperimen I dengan menerapkan strategi pembelajaran Genius Learning berbantu lagu edukasi, kelas VII C sebagai kelas eksperimen II dengan menerapkan strategi pembelajaran Genius Learning dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pemahaman konsep matemats dan angket minat belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji Anova dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil uji, untuk hipotesis pertama ditolak karena nilai strategi pembelajaran Genius Learning berbantu Lagu Edukasi= 0,000 kurang ( ). Kesimpulannya bahwa terdapat dari pengaruh strategi pembelajaran Genius Learning berbantu Lagu Edukasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Untuk hipotesis kedua diterima karena nilai ( ). minat belajar = 0,136 lebih dari Kesimpulannya bahwa tidak terdapat pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Untuk minat belajar ( hipotesis ketiga diterima karena nilai dan strategi pembelajaran = 0,901 lebih dari ). Kesimpulannya bahwa tidak terdapat interaksi antara minat belajar iidan strategi pembelajaran Genius Learning berbantu Lagu Edukasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata Kunci: Genius Learning, Lagu edukasi, Pemahaman Konsep Matematis, dan Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2021 06:34
Last Modified: 14 Jun 2021 06:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14617

Actions (login required)

View Item View Item