PENGEMBANGAN KONSEP INSAN KAMIL MUHAMMAD IQBAL DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

KHOLIFAH, SEPTIANI (2021) PENGEMBANGAN KONSEP INSAN KAMIL MUHAMMAD IQBAL DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,2 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang terdapat berdasarkan latar belakang bahwa adanya konsep- konsep mengenai insan kamil namun sukar dipahami dan diterapkan, maka penulis dalam penelitian ini memasukkan konsep Muhammad Iqbal mengeanai insan kamil dalam Pendidikan Islam yang bertujuan untuk mengetahui dan menyederhanakan kiat- kiat menjadi Insan Kamil dalam pendidikan Islam. Penelitian ini adalah penelitian kajian pustaka (Library Research) dengan mengumpulkan dan mengkaji beberapa sumber-sumber primier dan sekunder, dengan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal yang berupa catatan, karya ilmiah, artikel dan sebagainya. Adapun data primer yang digunakan yaitu beberapa karya yang memuat pemikiran Muhammad Iqbal, diantaranya Buku Rekontruksi Pemikiiran Religius dalam Islam, Metafisika Persia,Asrar I Khudi, dan Iqbal Tentang Tuhan dan Keindahan. Sedangkan data sekunder yaitu buku-buku dan karya-karya ilmiah yang relevan dengan penelitian ini. Dalam hal ini bukti pemikiran Muhammad Iqbal yang membahas mengenai Insan Kamil yaitu berawal dari pemikirannya dalam filsafat ego/khudi, melalui pemikiran fisafat ini menjadi penopang keseluruhan pemikirannya tentang hakikat ego/khudi yang pada intinya membahas tentang manusia. Setiap manusia menginginkan menjadi manusia yang sempurna (insan kamil), untuk itu menurut Muhammad Iqbal haruslah melalui proses pengembangan ego/khudi yaitu dimana dalam dirinya berhasil memiliki sifat-sifat ketuhanan dengan berlandaskan Iman, Islam, Ihsan, As-Syahadah dan terealisasikan dalam bentuk aktifitas dan kreativitas manusia dalam usaha menjaga hubungan antara manusia dengan Allah (hablumminAllah) dan hubungan antara manusia dengan manusia lainnya (hablumminannas), dan memiliki sikap cinta, keberanian, toleransi, dan faqr. Dengan demikian terbentuklah insan yang kamil, namun tak terlepas dari proses pendidikan, pendidikan islampun berperan dalam upaya menciptakan manusia yang sempurna oleh karena itu dalam skripsi ini yang berjudul Pengembangan Konsep Insan Kamil Muhammad Iqbal dan Relevansinya dalam Pendidikan Islam ialah keberhasilan dari tujuan pendidikan islam dengan memberikan pendidikan yang ideal yang mencakup seluruh aspek kehidupan manusia dari aspek ruhani, jasmani, akal, dan ilmu pengetahuan melalui prinsip pendidikan yang telah Iqbal paaparkan diantaranya (1)Konsep Individu (2)Pertumbuhan Individu (3)Keseimbangan Jasmani dan Rohani(4)Pertautan Individu dengan Masyarakat (5)Kreativitas Individu (6)Peran Intelektual dan Intuisi (7)Pendidikan Watak (Integritas) (8)Pendidikan Sosial. Sehingga melalui hal-hal tersebut setiap ego bisa dikembangkan dan terbentukah manusia yang sempurna. Kata Kunci : Pengembangan Insan Kamil Muhammad Iqbal, Relevansi Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2021 05:28
Last Modified: 14 Jun 2021 05:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14608

Actions (login required)

View Item View Item