PENGARUH KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTS NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

YULIANIK, Daimin (2021) PENGARUH KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTS NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI YULIANIK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru di MTs Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah tenaga pendidik (guru) MTs Negeri 1 Bandar Lampung sebanyak 71 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 orang, menggunakan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling. Untuk membuktikan hipotesis dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode kuesioner (angket). Metode kuesioner (angket) ini digunakan untuk mengumpulkan data variabel Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah dan Kinerja Guru. Uji validitas menggunakan teknik korelasi product moment dari person. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha cronbach dengan bantuan SPSS 20. Selanjutnya untuk mengetahui hasil data yang dikumpulkan dilakukan perhitungan dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru di MTs Negeri 1 Bandar Lampung dengan korelasi variabel bebas dan variabel terikat adalah 0,382. Selain itu R2 sebesar 0,146 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini berarti kontribusi variabel X (Kepemimpinan Demokratis) terhadap variabel Y (Kinerja guru) adalah sebesar 14,6 % dan sisanya sebesar 85,4 % disebabkan oleh faktor lain yang bukan menjadi fokus pembahasan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kepemimpinan Demokratis, Kinerja Guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2021 05:18
Last Modified: 14 Jun 2021 05:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14606

Actions (login required)

View Item View Item