PENGARUH METODE RESITASI BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 1 HARAPAAN JAYA

SOLEHAN, Sutopo (2021) PENGARUH METODE RESITASI BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 1 HARAPAAN JAYA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SOLEHAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam suatu pembelajaran sains peserta didik diharuskan banyak membaca, karena belajar ialah pangkal dari segala ilmu, serta dengan membaca dapat akan mudah memahami materi yang akan dipelajari dan juga sebagai bekal untuk peserta didik melakukan eksperimen. Oleh karena itu pendidik dituntut harus bisa mencari metode khusus agar peserta didik mau membaca, khususnya buku-buku tentang IPA. Nah metode resitasi ini dapat membantu karena disini peserta didik di minta agar membuat resume, kesimpulan singkat dari hasil bacaannya dan diprestasikan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Harapan Jaya dengan jumlah populasi yaitu seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 76 peserta didik. Adapun jumlah sampel 26 peserta didik yang diambil dengan menggunakan teknik Cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitiannya adalah korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinyatakan dalam bentuk Skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara metode Resitasi berbasis Literasi Sains terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV C SD Negeri 1 Harapan Jaya dengan koefisiien korelasi nilai rhitung sebesar 0, 956 dan rtabel sebesar 0,388 dengan nilai signifikani 0,000 berarti rtabel rhitung (0,956 ˃ 0,388) dan nilai signifikansi p ˂ 0,05 (0.000 ˂ 0,05). Sedangkan nilai thitung sebesar 15.899 ˃ ttabel - 6.563 serta nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05,dengan diperoleh persamaan regresi sederhana Y= -39.333+ 1,594X serta nilai signifikansinya 0,000 ˂ 0,05 dan nilai koefisien determinasi (r²) sebesar 0,913 bahwa metode Resitasi berbasis Literasi Sains memiliki kontribusi atau pengaruh terhadap Motivasi Belajar peserta didik sebesar 91% sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode Resitasi berbasis Literasi Sains terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV C di SD Negeri 1 Harapan Jaya Bandar Lampung Kata kunci: Metode Resitasi berbasis Literasi Sains, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2021 05:00
Last Modified: 14 Jun 2021 05:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14602

Actions (login required)

View Item View Item