EFEKTIVITAS MANAJEMEN KESANTRIAN PADA PONDOK PESANTREN TERPADU USHULUDDIN PENENGAHAN LAMPUNG SELATAN

Afifah, Aulia (2021) EFEKTIVITAS MANAJEMEN KESANTRIAN PADA PONDOK PESANTREN TERPADU USHULUDDIN PENENGAHAN LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL AFIFAH AULIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen penerimaan peserta didik, manajemen orientasi peserta didik dan manajemen pengembangan peserta didik di pondok pesantren terpadu ushuludin apakah sudah efektif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field study) yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Desain penelitian ini adalah studi kasus (study case) pelaksanaan manajemen kesantrian di Pondok Pesantren Terpadu Ushuluddin. Subejek penelitian ini adalah efektifitas manajemen kesantrian pada pondok pesantren terpadu Ushuludin Kec. Penengahan Kab. Lampung Selatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi teknik sebagai pemeriksaan keabsahan data. Analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerimaan peserta didik baru pada Pondok Pesantren Terpadu Ushuluddin Penengahan Lampung Selatan melalui 6 tahapan yaitu, pembentukan panitia penerimaan santri baru, rapat penerimaan santri baru, pengumuman penerimaan santri baru, pendaftaran calon santri baru, seleksi penerimaan santri baru serta pengumuman dan daftar ulang santri baru. Implementasi manajemen penerimaan peserta didik baru di Pondok Pesantren Terpadu Ushuludin sudah efektif, Pondok Pesantren Ushuluddin harus menerima seluruh latar belakang dan kemampuan peserta didik sehingga Pondok Pesantren harus menyediakan program layanan khusus untuk menangani ketidak setaraan kemampuan santri. Setiap tahunnya Pondok Pesantren Terpadu Ushuluddin mengadakan Orientasi Santri yang biasa disebut dengan Ta‟aruf, disitulah santri baru dikenalkan A sampai Z nya perihal disiplin, keseharian dan kegiatan-kegiatan ekstra kulikuler. Implementasi manajemen orientasi peserta didik baru di Pondok Pesantren Terpadu Ushuludin sudah efektif, ini dibuktikan dari hasil wawancara dengan santriwati dimana mereka sangat senang dengan adanya kegiatan orientasi santri baru sehingga mereka cepat kenal dengan santri yang lainnya. Pembinaan dan pengembangan peserta didik pada Pondok Pesantren Terpadu Ushuludin dilakukan dengan pemberian penghargaan dan pemberian hukuman. Pemberian penghargaan atau reward misalnya saja santri yang dapat menghafal 1 juz Al-Qur‟an maka akan diberi uang senilai Rp500.000,- dan bagi santri yang hafal 30 juz maka akan di Umrohkan. Serta santri yang melanggar disiplin maka akan diberikan sangsi oleh KMT (Komite Mahkamah Taubah) sesuai dengan jenis pelangarannya. Pembinaan dan pengembangan peserta didik di Pondok Pesantren Terpadu Ushuludin sudah efektif, hal ini bibuktikan dari hasil wawancara dengan para santri bahwa mereka sadar bahwa adanya peraturan agar para santri dapat hidup berdisiplin. Discipline is my breath Kata Kunci : Manajemen Kesantrian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2021 04:56
Last Modified: 14 Jun 2021 04:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14601

Actions (login required)

View Item View Item