PENGARUH KOMPETENSI SPIRITUAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 02 ABUNG SEMULI LAMPUNG UTARA

MELDA, RADEN (2021) PENGARUH KOMPETENSI SPIRITUAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 02 ABUNG SEMULI LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL MELDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Kompetensi spiritual merupakan salah satu kompetensi yang terabaikan dan jarang dilihat oleh guru, sedangkan menurut Nadhifah Mizana Al-Azwi kompetensi spiritual adalah karakter dan sikap yang merupakan bagian kesadaran yang paling dalam pada seseorang yang berhubungan dengan yang tidak hanya mengakui kesadaran nilai tetap juga kreatif untuk menemukan nilai-nilai baru. Sehingga berdasarkan hal tersebut maka peneliti ingin mlihat apakah kompetensi spiritual memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan kompetensi spiritual guru PAI terhadap prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 02 Abung Semuli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 42 responden peserta didik. Pengumpulan data peneliti menggunakan angket berupa skala likert, wawancara, dan nilai raport PAI. Analisa data penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS 22.0. Berdasarkan prestasi penelitian, didapatkan prestasi bahwa terdapat pengaruh antara kompetensi spiritual guru PAI terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 0,104 atau 10,4% pada mata pelajaran PAI. Prestasi dari persamaan regresi linier sederhana variabel dikatakan signifikan jika < 0,05, sedangkan prestasi penelitiannya 0,037 < 0,05 yang berarti memiliki pengaruh signifikan. Kata Kunci: Kompetensi Spiritual, Prestasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2021 04:51
Last Modified: 14 Jun 2021 04:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14600

Actions (login required)

View Item View Item