PELAKSANAAN LAYANAN DASAR DALAM MENCEGAH PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 KALIANDA LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2020/2021

EGI, PURNAMA WITA (2021) PELAKSANAAN LAYANAN DASAR DALAM MENCEGAH PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 KALIANDA LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI EGI PURNAMAWITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Pelaksanaan Layanan Dasar Dalam Mencegah Perilaku Membolos Peserta Didik Di SMA Negeri 2 Kalianda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, hambatan, dan hasil dalam layanan dasar untuk mencegah perilaku membolos peserta didik. Pelaksanaan layanan dasar yaitu proses pemberian bantuan kepada peserta didik yang berkaitan langsung dengan pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan, dalam bidang pribadi, sosial, belajar dan karir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, Design yang digunakan dalam penelitian ini yaitu bersifat Deskriptif yaitu suatu penelitian yang menggambarkan, memaparkan, dan melaporkan suatu objek penelitian. prosedur yang digunakan dalam penelitian berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Pelaksanaan layanan dasar dalam mencegah perilaku membolos peserta didik dengan Langkah diantarnya memberikan informasi melalui individu, menggunakan bimbingan sosial-pribadi, sesuai dengan tahapan bimbingan dan konseling yaitu awal, inti, dan akhir. 2. Hambatan pelaksanaan program bimbingan dan konseling yaitu Kerjasama antara pihak sekolah dengan guru bimbingan dan konseling belum bisa memberikan penjadwalan yang efektif utnuk pelaksanaan BK di sekolah dalam pemberian informasi di fokuskan terhadap peserta didik yang bermasalah terkait membolos dan bekerja sama dengan wali kelas, mata pelajaran, jika sudah mendapatkan permasalahan dipanggil kesekolah secara individu 3. Hasil pelaksanaan layanan dasar untuk benar adanya mengetahui perubahan peserta didik, peneliti mewawancarai peserta didik dan meminta absen ternyata benar valid. Adanya perubahan setelah diberikan layanan dari perilaku membolos menjadi tidak membolos lagi. Kata Kunci: Pelaksanan Layanan Dasar, Perilaku Membolos iiABSTRACT The research entitled Implementation of Basic Services in Preventing Truancy Behavior of Students in SMA Negeri 2 Kalianda. This study aims to look at the implementation, barriers, and outcomes in basic services to prevent student behavior. Implementation of basic services, namely the process of providing assistance to students that is directly related to the development of attitudes, knowledge, skills, in the personal, social, learning and career fields. This research uses qualitative research methods. The design used in this research is descriptive in nature, namely a study that describes, describes, and reports on an object of research. the procedures used in the research were observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that: 1. Implementation of basic services in preventing student behavior with steps including providing information through individuals, using social-personal guidance, according to the stages of guidance and counseling, namely the beginning, the core, and the end. 2. Barriers to implementing guidance and counseling programs are collaboration between schools and guidance and counseling teachers that has not been able to provide effective scheduling for the implementation of BK in schools in providing focused information on students with problems related to truancy and working with homeroom teachers, subjects. , if the problem has been solved that was called to individual school 3. The results of the implementation to really know the change of students, the researcher interviewed the students and apologized was true. There are changes after being given services from truant behavior to no longer truant. Keywords: Basic Service Implementation, Truancy Behavior

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2021 04:46
Last Modified: 14 Jun 2021 04:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14599

Actions (login required)

View Item View Item