PENGGUNAAN KETERAMPILAN DASAR KONSELING OLEH MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENJALANKAN SESI KONSELING INDIVIDU DI UIN RADEN INTAN LAMPUNG

KHAIRUN, NISAK (2021) PENGGUNAAN KETERAMPILAN DASAR KONSELING OLEH MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENJALANKAN SESI KONSELING INDIVIDU DI UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of perpus pusat bab 1 dan 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI REVISI KHAIRUN NISAK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Keterampilan dasar konseling ini kunci keberhasilan untuk mencapai tujuan konseling dengan menggunakan teknik atau keterampilan yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan keterampilan dasar konseling yang digunakan dalam proses sesi konseling individu oleh mahasiswa bimbingan dan konseling pendidikan islam fakultas tarbiyah dan keguruan UIN Raden Intan Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian Case Studies, data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi juga melibatkan mahasiswa yang menjadi partisipan dalam penggunaan keterampilan dasar konseling yang digunakan dalam proses sesi konseling individu. Hasil penelitian tentang Penggunaan Keterampilan Dasar Konseling oleh Mahasiswa Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Dalam Menjalankan Sesi Konseling Individu di UIN Raden Intan Lampung, terdapat 13 keterampilan dasar konseling digunakan informan dalam proses sesi konseling individu sebagai berikut: attending, refleksi, eksplorasi, konfrontasi, bertanya terbuka, bertanya tertutup, memimpin, fokus, menyimpulkan sementara, menjernihkan, memudahkan, menyimpulkan dan penutup. Terlihat informan belum maksimal dalam penggunaan keterampilan keterampilan konseling pada sesi konseling karna masih ada beberapa keterampilan dasar konseling yang belum digunakan yaitu sebagai berikut: paraphsing, dorongan minimal, interprestasi, menggarahkan, diam, mengambil inisiatif, memberikan nasehat, memberi informasi. Kata kunci: keterampilan dasar konseling, sesi konseling.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2021 04:42
Last Modified: 14 Jun 2021 04:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14598

Actions (login required)

View Item View Item