PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs AN-NUR PELOPOR BANDAR JAYA

LINA, WIDI ASTUTI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs AN-NUR PELOPOR BANDAR JAYA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar peserta didik yang rendah disebabkan oleh peserta yang cenderung pasif pada saat proses pembelajaran, dan peserta didik cenderung merasa bosan pada saat didalam kelas. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembalajaran Auditory, Intellectually, Repetition. Model pembelajaran ini mengharuskan peserta didik untuk fokus dalam proses belajar mengajar dikelas karena model ini mengharuskan peserta didik untuk menggunakan semua panca inderanya, yaitu dengan menggabungkan tiga aspek: Auditory, Intellectually, Repetition. Sehingga peserta didik diajak untuk memecahkan masalah yang diberikan oleh guru sehingga hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti adalah quasi eksperiment dengan, dengan jumlah populasi seluruh kelas VII, dengan sampel dengan satu kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung, dan satu kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik acak kelas, untuk mengukur hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik, maka peneliti menggunakan soal dengan jumlah 20 butir pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Dari penelitian, peneliti memperoleh data yang telah dianalisis dengan uji t. hasil analisis data dengan menggunanakan SPSS 20, menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition terhadap hasil belajar peserta didik. Dengan tingkat signifikan 0,00<α dengan α=0,005. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kata Kunci: Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition, dan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2021 03:30
Last Modified: 14 Jun 2021 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14587

Actions (login required)

View Item View Item