TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PERATURAN MENTERI KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN NOMOR 12 TAHUN 2020 TENTANG LOBSTER (Panulirus spp.), KEPITING (Scylla spp.), DAN RAJUNGAN (Portunus spp.)

IRPAN, ROMANDA (2021) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PERATURAN MENTERI KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN NOMOR 12 TAHUN 2020 TENTANG LOBSTER (Panulirus spp.), KEPITING (Scylla spp.), DAN RAJUNGAN (Portunus spp.). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI IRPAN ROMANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Menteri kelautan dan perikanan di Indonesia sedikit banyaknya telah mengalami perubahan contohnya di masa priode menteri Susi Pudji Astuti dalam peraturan menteri kelautan dan perikanan nomor 56 tahun 2016 dengan menteri edhy prabowo dalam Peraturan Menteri kelautan dan perikanan nomor 12 Tahun 2020 yang dimana dalam kedua peraturan tersebut terdapat perbedaan yang menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat dan pengusaha. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No 12 Tahun 2020 tentang pengelolaan Lobster, Kepiting, dan Rajungan? Bagaimana tinjauan Fiqh Siyasah terhadap Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No 12 Tahun 2020 tentang pengelolaan Lobster, Kepiting, dan Rajungan? Tujuan masalah dalam penelitian ini Untuk mengetahui Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No 12 Tahun 2020 tentang pengelolaan Lobster, Kepiting, dan Rajungan Dan Untuk mengetahui bagaimana tinjauan Fiqh Siyasah terhadap Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No 12 Tahun 2020 tentang pengelolaan Lobster, Kepiting, dan Rajungan. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif dimana sesuai dengan obyek kajian skripsi penelitian ini masuk dalam kategori library research yang bersifat deskriptif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Data primer di peroleh dari peraturan menteri kelautan dan perikanan No 12 tahun 2020 tentang lobster kepiting dan jarungan sedangkan data sekunder di peroleh dari buku-buku, makalah, dan sumber lain yang berkaitan. Analisi data ini menggunakan analisis kualitatif yang dilakukan secara interaktif untuk memperoleh hasil analisa penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini merevisi peraturan menteri kelautan dan perikanan No 56 tahun 2016 dan tinjauan fiqh siyasah terhadap peraturan menteri kelautan dan perikanan No 12 Tahun 2020 sudah sesuai dengan ketentuan siyasah dusturiyah yaitu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2021 03:24
Last Modified: 14 Jun 2021 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14586

Actions (login required)

View Item View Item