PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS GUIDED INQUIRY LABORATORY PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI DI MAN 2 LAMPUNG UTARA

RISKA, WULANDARI (2021) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS GUIDED INQUIRY LABORATORY PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI DI MAN 2 LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of File Skripsi Riska.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of File Skripsi Riska.pdf] PDF
Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh: Riska Wulandari Penelitian dan penggembangan modul dilakukan bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan modul Biologi berbasis guided inquiry laboratory pada materi sistem pernapasan kelas XI di MAN 2 Lampung Utara, (2) respon peserta didik terhadap modul Biologi berbasis guided inquiry laboratory pada materi sistem pernapasan kelas XI di MAN 2 Lampung Utara. Penelitian dan pengemabang ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan metode pengembangan R&D (Reserch and Development), penelitian pengembangan ini merupakan langkah dalam mengembangkan produk baru atau mengemabangkan produk yang sudah ada. Pengembangan modul menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: Analysis, Design, Develop, Implement dan Evaluate. Presentase kelayakan modul pada tahap pengembangan, pada tahap awal validasi para ahli materi memperoleh presentase 65% dengan kategori layak, sedangkan tahap akhir validasi para ahli materi memperoleh presentase 96% dengan kategori sangat layak, pada tahap awal validasi ahli media memperoleh presentase 76,5% dengan kategori layak, sengakan pada tahap akhir validasi ahli media memperoleh presentase 85,8% dengan kategori sangat layak dan pada tahap awal validasi ahli bahasa memperoleh presentase 71,7% dengan kategori layak, sedangkan tahap akhir validasi ahli bahasa memperoleh presentase 95% dengan kategori sangat layak. Pada uji Coba produk terhadap tanggapan peserta didik pada skala terbatas presentase yang di peroleh 88,2% dengan kategori sangat menarik, pada uji coba skala luas presentase yang di peroleh 86,7% dengan kategori sangat menarik, kemudian pada respon pendidik presentase yang diperoleh 89,2% dengan kategori sangat baik. Kata kunci: Modul, Guided Inquiry Laboratory, ADDIE

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2021 02:40
Last Modified: 14 Jun 2021 02:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14578

Actions (login required)

View Item View Item