PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK POSITIVE SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MA. AL- KHAIRIYAH NATAR TAHUN AJARAN 2020/2021

SRI RAHAYU, NINGSIH (2021) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK POSITIVE SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MA. AL- KHAIRIYAH NATAR TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER,BAB1,BAB2,DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan muculnya “feeling” dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Dalam proses pembelajaran, jika seorang peserta didik tidak memiliki motivasi yang baik, maka akan sulit untuk dapat mencapai tujuan dari pembelajaran. Hasil belajar akan optimal jika peserta didik memiliki motivasi dalam belajar, semakin tepat motivasi yang diberikan, maka akan semakin berhasil pula proses pembelajaran itu. Motivasi belajar yang rendah masih terdapat pada peserta didik kelas XI di MA Al-Khairiyah Natar. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan konseling kelompok menggunakan teknik positive self talk untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dilakukan terhadap peserta didik kelas XI MA Al-Khairiyah natar yang mengalami motivasi belajar rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan melibatkan 1 guru bimbingan konseling MA Al-Khairiyah natar. Dalam hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan layanan konseling kelompok menggunakan teknik positive self talk efektif benar adanya dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan konseling kelompok menggunakan teknik positive self talk dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan sudah ada peningkatan setelah diberikan treatment dan guru bk terus memantau absen. Kata kunci: konseling kelompok, positive self talk, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jun 2021 07:29
Last Modified: 11 Jun 2021 07:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14565

Actions (login required)

View Item View Item