PEMIKIRAN PENDIDIKAN BERBASIS GENDER PERSPEKTIF R.A. KARTINI DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

YULITA, PUTRI (2021) PEMIKIRAN PENDIDIKAN BERBASIS GENDER PERSPEKTIF R.A. KARTINI DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1.2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI YULITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PEMIKIRAN PENDIDIKAN BERBASIS GENDER PERSPEKTIF R.A KARTINI DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM Oleh: YULITA PUTRI Pendidikan adalah aspek yang begitu penting dalam kehidupan karena pendidikan merupakan kunci utama dalam usaha meningkatkan kualitas kehidupan manusia menjadi lebih baik, sehingga tak heran berbagai tokoh di negeri ini banyak merumuskan pemikiran mengenai pendidikan, salah satu tokoh revolusioner dari banyak tokoh lainnya yang memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan melalui gagasannya adalah Raden Ajeng Kartini yang termanifestasi melalui surat-suratnya yang kini terhimpun dalam buku “Habis Gelap Terbitlah Terang”. R.A Kartini dikenal sebagai tokoh emansipasi perempuan yang berpengaruh dan sangat berjasa dalam kemajuan pendidikan di Indonesia terkhusus perempuan, ia merespon keadaan sosio kultural yang sangat timpang pada zamannya dan berbagai tindakan diskriminasi yang ia lihat dan alami secara langsung baik berupa adat istiadat yang sangat patriarki juga tindakan diskriminasi berdasarkan atas keturunan, ras, dan jenis kelamin. Berangkat dari permasalahan di atas, maka penulis merumuskan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemikiran pendidikan berbasis gender perspektif R.A Kartini dan relevansinya dengan tujuan pendidikan islam. Adapun jenis penelitian yang dilakukan ini temasuk dalam penelitian studi perpustakaan (library research). Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang terdapat dalam kepustakaan seperti pada buku-buku, catatan-catatan, makalah-makalah, jurnal-jurnal, dan lain sebagainya yang memiliki hubungan dengan masalah yang ingin di pecahkan. iiHasil dari penelitian ini adalah bahwa gagasan pendidikan berbasis gender perspektif R.A Kartini di latar belakangi oleh keadaan sosikulturan pada masanya yang tidak memperbolehkan perempuan untuk menempuh pendidikan dan mengaktualisasikan potensi yang ada pada dirinya, selain itu tindakan diskriminasi yang berdasakan atas jenis kelamin, keturunan, dan ras juga begitu marak terjadi. Hal tersebut mendorong Kartini melakukan upaya perubahan untuk memajukan bangsa Indonesia dari kegelapan terutama melalui jalur pendidikan, karena ia menyadari pendidikan adalah kunci utama untuk memajukan peradaban. R.A Kartini banyak menuliskan bagagasannya melalui surat-surat yang ia kirimkan kepada teman korespondensinya yang notabene nya adalah orang-orang Belanda dan memiliki pengaruh yang cukup kuat. Meskipun usia Kartini relative singkat, yaitu 25 tahun ia telah membuka sebuah sekolah pertama bagi perempuan-perempuan bumiputera untuk memperoleh pengajaran membaca, menulis, menggambar, memasak, menjahit, dan kerajinan tangan lainnya. Pemikiran pendidikan Kartini yang menekankan pada aspek kesetaraan dan kecerdasan budi pekerti memiliki relevansi dengan tujuan pendidikan islam bertujuan menciptakan manusia yang baik dengan menciptakan iklim pendidikan yang tidak hanya berhenti kepada kemampuan kognitif tetapi juga pada aspek tingkah laku yang meliputi kehidupan spiritual dan material, manusia yang memberikan sifat kebaikan yang dicarinya. Kata kunci: Gender, Pendidikan, R.A Kartini, Tujuan Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jun 2021 07:25
Last Modified: 11 Jun 2021 07:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14564

Actions (login required)

View Item View Item