PERAN GURU PAI DALAM MENDIDIK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK DI SMP SEKOLAH ALAM LAMPUNG

DICKY, ARYA NOVANDI (2021) PERAN GURU PAI DALAM MENDIDIK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK DI SMP SEKOLAH ALAM LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Pentingnya pendidikan karakter peduli lingkungan untuk diajarkan ke dalam kepribadian peserta didik dikarenakan bahwa secara umum, kekhawatiran global saat ini adalah: (1) industrialisasi yang cepat, (2) pertumbuhan atau perkembangan penduduk yang cepat, (3) malnutrisi, (4) kurangnya SDA yang tidak mampu diperbarui, dan (5) memburuknya kondisi lingkungan. Terdapat dua argumen alasan kenapa kita harus peduli terhadap lingkungan: yang pertama, karena kita membutuhkan lingkungan; yang kedua, karena alam itu sendiri mempunyai hak untuk memelihara keperluan hidup saat kini dengan memikirkan baik-baik pemenuhan yang dibutuhkan generasi mendatang. Sebagian data yang diperoleh dari pra penelitian dapat dipahami bahwa SMP Sekolah Alam Lampung menerapkan pendidikan karakter peduli terhadap lingkungan menjadi salah satu prioritas utama dalam penerapannya dengan fakta utama menampilkan telah diraihnya penghargaan sekolah Adiwiyata akan tetapi masih terdapat kesenjangan yaitu para peserta didik masih membuang sampah secara sembarangan atau tidak pada tempatnya, peserta didik masih suka menggunakan plastik sekali pakai, dan peserta didik masih malas dalam memilah sampah sebelum di buang berdasarkan jenis sampahnya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data primer yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, ketua pengembangan Adiwiyata, guru PAI, dan peserta didik SMP Sekolah Alam Lampung, sumber data sekunder yang peneliti gunakan yaitu dokumen-dokumen sekolah yang berkaitan dengan penelitian Teknik pengumpulan data menggunakan observasi atau pengamatan, wawancara serta dilengkapi dengan dokumentasi. Untuk analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Dan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi dan mengadakan member check. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat disimpulkan bahwa (1) pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan di SMP Sekolah Alam Lampung adalah sudah baik, kemudian juga memiliki lingkungan yang sangat mendukung, SMP Sekolah Alam Lampung juga memiliki berbagai kegiatan, himbauan, kebijakan khusus dan dana anggaran khusus yang semuanya berkaitan dengan peduli lingkungan. Walaupun sudah baik, SMP Sekolah Alam Lampung masih memiliki beberapa kesenjangan yang masih terus diusahakan agar menjadi lebih baik lagi. (2) Guru PAI di SMP Sekolah Alam Lampung memiliki peran dalam mendidik para peserta didik agar peduli terhadap lingkungan. Guru PAI mempunyai lima peran untuk mendidik karakter peduli lingkungan yaitu: sebagai pengajar, sebagai pendidik, melatih peserta didik, pembimbing, dan sebagai teladan bagi para peserta didik. (3) faktor penunjang peran guru PAI yaitu sudah adanya visi sekolah yang peduli terhadap lingkungan, memiliki berbagai program atau kegiatan, himbauan, kebijakan khusus, dana anggaran khusus yang berkaitan dengan peduli lingkungan, dan Sekolah mempunyai banyak fasilitas untuk mendukung pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan seperti sekolah menyediakan 4 kotak sampah untuk berbagai jenis sampah, adanya bank sampah dan tempat pembuatan kompos. (4) dan faktor yang menghambat peran guru PAI yaitu tidak sesuainya apa yang diajarkan atau diberikan guru di sekolah dengan yang diberikan orang tua di rumah, kemudian berasal dari peserta didik yang memasuki usia remaja dan suka membangkang, berikutnya adalah guru PAI mengalami kesulitan dalam memadukan kompetensi dinas pendidikan dengan kompetensi sekolah alam dan metode yang digunakan oleh guru PAI monoton seperti ceramah sehingga membuat jenuh peserta didik. Kata Kunci: Guru PAI, Karakter, Peduli Lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jun 2021 07:16
Last Modified: 11 Jun 2021 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14561

Actions (login required)

View Item View Item