ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER(TIK) TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS V SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

Yesi, Anggraini (2021) ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER(TIK) TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS V SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL YESI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil Penelitian yang dilakukan di SD Al-Azhar 2 Bandar lampung Kecamatan Way Halim Provinsi Bandar Lampung bahwa pembelajaran menggunakan komputer masih kurang diminati oleh sebagian peserta didik dikarenakan pembelajaran komputer lebih sulit dipahami oleh peseta didik sehingga menimbulkan karakter-karakter yang tidak di inginkan dan tidak sesuai dengan aturan yang diberikan sehingga tujuan pembelajaran nya tidak berjalan dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yaitu guru, dan peserta didik kelas V SD Al-Azhar 2. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyampaian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan komputer memiliki pengaruh positif dan negative terhadap pendidikan karakter terhadap peserta didik. Penerapan pendidikan karakter dilaksanakan melalui proses pembelajaran upacara bendera setiap haris enin, tata tertib sekolah, shalat dhuha setiap pagi. nilai karakter yang dikembangkan di Kelas VSD Al-Azhar 2, 5 nilai karakter yaitu, jujur, disiplin,menghargai, kerja keras, tanggung jawab, Ada hambatan�hambatan dalam penerapan pendidikan karkater bagi peserta didik kelas V di SD Al-Azhar 2 yaitu guru kurang menguasai peserta didik saat proses pembelajaran, pengaruh dari game, beberapa peserta didik yang sulit untuk di arahkan dan diberi nasehat, serta pendidik yang kurang memahami karakter peserta didik dan kurang tegas dalam memberi aturan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jun 2021 06:34
Last Modified: 11 Jun 2021 06:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14546

Actions (login required)

View Item View Item