TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG BAZAR SEMBAKO DALAM MENURUNKAN HARGA DAN MINAT MEMBELI MASYARAKAT KEPADA PEDAGANG LAIN (Studi kasus di Pasar Tradisional Pagelaran, Pringsewu)

ROIS, MUZAKI (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG BAZAR SEMBAKO DALAM MENURUNKAN HARGA DAN MINAT MEMBELI MASYARAKAT KEPADA PEDAGANG LAIN (Studi kasus di Pasar Tradisional Pagelaran, Pringsewu). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP ROIS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pasar Tradisional Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu buka hanya 2 (dua) kali selama seminggu, yaitu di hari Kamis dan Minggu. Adapun untuk pengadaan bazar sembako yang rutin dilakukan yaitu ketika bulan suci ramadhan menuju hari raya idul fitri. Pengadaan bazar sembako ini tentu merugikan bagi pedagang, karena pengadaan bazar sembako diadakan ketika hari pasaran ini buka yaitu hari Kamis dan hari Minggu. Pengadaan bazar sembako ini tentu merugikan pedagang lain dan amat sangat menguntungkan bagi si pembeli karena mendapatkan harga sembako murah untuk kebutuhan pokok hidupnya. Banyak terjadi jual-beli yang tidak sehat dalam Pasar Tradisional Kecamatan Pegelaran Kabupaten Pringsewu ini. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, kiranya penulis dapat mengemukakan beberapa permasalahan penelitian ini sebagai berikut, yaitu apa penyebab pengadaan bazar sembako diadakan di hari pasaran Pasar Tradisional Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu dan bagaimana Islam memandang pengadaan bazar yang mengakibatkan kerugian bagi pedagang lain di Pasar Tradisional Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu ini. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penyebab pengadaan bazar sembako diadakan di hari pasaran Pasar Tradisional Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu dan untuk mengetahui bagaimana Islam memandang pengadaan bazar yang mengakibatkan kerugian bagi pedagang lain di Pasar Tradisional Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research), penelitian yang dilakukan dengan cara menggali informasi untuk mendapatkan data langsung dari lapangan penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara wawancara, dokumentasi dan observas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:31
Last Modified: 11 Jun 2021 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14539

Actions (login required)

View Item View Item