IMPLEMENTASI PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 1 SRIMELAT

APRILIA, WATI (2021) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 1 SRIMELAT. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Sejak adanya virus covid-19 di Indonesia berdampak bagi masyarakat Indonesia salah satunya bagi dunia pendidikan proses pembelajaran yang biasaya di adakan disekolah diberhentikan semtara dan di gantikan dengan menggunakan pembelajaran daring atau belajar dirumh. Akibatnya peserta didik merasa jenuh/membosankan, tidak aktif dalam belajar, dan kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh pendidik. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut peserta didik yaitu dengan penggunaan metode diskusi kelompok kecil sehingga bisa membantu peserta didik dalam memahami materi dengan baikdan bisa meningkatkan kekatifan belajar peseerta didik dan juga pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien.Tujuan penelitian ini adalah 1). mengatahui implemetasi penggunaan metode kelompok kecil pada mata pelajaran IPS Kelas V SDN 1 Srimelati untuk mengatahui prestasi belajar siswa dengan penggunaan metode diskusi kelompok kecil di Kelas V SDN 1 Srimleti Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus dan 2) Meningkatka keaktifan pembelajaran dalam menggunkan metode kelompok kecil pada mata pelajaran IPS di SDN 1 SrimelatiPenentuan metode pembelajaran secara tepat dan disesuaikan dengan materi memungkinkan peserta didik untuk belajar lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini di lakasnakan di SDN 1 Srimelati Wonosobo Tanggamus. teknik pengumpula data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahawa dapat dilihat bahwa SDN 1 Srimelati sudah menerapkan keaktifan belajar dengan baik menggunakan metode diskusi kelompok kecil dengan adanya metode diskusi kelompok kecil ini telah menunjukan efektifitasnya yang nyata, dalam arti kata dapat diandalkan sebagi metode yang baik untuk mengajar di keada covid19 ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:27
Last Modified: 11 Jun 2021 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14538

Actions (login required)

View Item View Item