ERAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DENGAN PENDEKATAN TERAPI REALITAS UNTUK MENGURANGI KECEMASAN ANAK KORBAN KEKERASAN DI UPTD P2TP2A PROVINSI LAMPUNG

ANDITA, KRISTIANA (2021) ERAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DENGAN PENDEKATAN TERAPI REALITAS UNTUK MENGURANGI KECEMASAN ANAK KORBAN KEKERASAN DI UPTD P2TP2A PROVINSI LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL ANDITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul Peran Bimbingan dan Konseling Islam dengan Pendekatan Terapi Realitas Untuk Mengurangi Kecemasan Anak Korban Kekerasan di UPTD P2TP2A Provinsi Lampung. UPTD P2TP2A merupakan lembaga yang bertujuan untuk memberikan layanan baik itu layanan konseling, psikoterapi, hukum dan medis bagi perempuan dan anak yang mengalami kekerasan, diskriminasi, dan masalah lainnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam dengan pendekatan terapi realitas untuk mengurangi kecemasan anak korban kekerasan di UPTD P2TP2A Provinsi Lampung Bagaimana Hasil akhir pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam dengan pendekatan terapi realitas untuk mengurangi kecemasan anak korban kekerasan di UPTD P2TP2A Provinsi Lampung. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana peran bimbingan dan konseling Islam dengan pendekatan terapi realitas untuk mengurangi kecemasan anak korban kekerasan di UPTD P2TP2A Provinsi Lampung. Metode Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 72 orang, dan sampel 6 orang. Penelitian kualitatif adalah sebuah metode riset yang sifatnya deskriptif, menggunakan analisis, mengacu pada data, memanfaatkan teori yang ada sebagai bahan pendukung, serta menghasilkan suatu teori. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian lapangan menunjukkan bahwa konseli mengalami gangguan kecemasan karena menjadi korban kekerasan. Pelaksanaan proses bimbingan dan konseling Islam dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah yaitu identifikasi, diagnosis, prognosis, treatment, dan evaluasi. Adapun hasil dari proses Konseling tersebut menunjukan hasil yang positif yaitu konseli yang awalnya selalu menangis sudah tidak lagi sering menangis, konseli yang awalnya selalu mengurung diri sudah tidak lagi mengurung diri, konseli yang awalnya selalu merasa takut dan cemas sudah berkurang perasaan takut dan cemasnya, konseli yang awalnya tidak mau diajak berbicara sudah mau untuk diajak berbicara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:42
Last Modified: 11 Jun 2021 02:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14530

Actions (login required)

View Item View Item