PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs AL – MUHAJIRIN PANJANG

DINI, APRIANI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs AL – MUHAJIRIN PANJANG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi sebelumnya diketahui bahwa hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII tergolong masih rendah. Ini terbukti dari persentase peserta didik yang mendapat nilai kurang dari 72 adalah 60% yaitu dibawah standar ketuntasan minimal yang telah ditetapkan sekolah. Masih rendahnya hasil belajar peserta didik tersebut salah satunya adalah kesulitan peserta didik dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis. Tujuan dari penelitian ini apakah penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) memberikan pengaaruh yang signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari gaya belajar peserta didik kelas VIII MTs Al Muhajirin Panjang. Penelitian dilaksanakan di MTs Al Muhajirin Panjang, Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan teknik Random Smpling. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII berjumlah 52 peserta didik dengan rincian 26 peserta ddik di kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen ( menggunakan model pembelajaran RME ), 26 peserta didik kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol ( menggunakan metode konvensional ). Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan dianalisis dengan ANAVA dua jalan. Hasil peelitian ini menyatakan bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara peserta didik yang memperoleh model pembelajaran RME dengan peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan penalaran matematis. (2) terdapat pengaruh antara peserta didik yang memiliki gaya belajar visual, audiotorial, dan kinestetik terhadap penalaran matematis. (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan penalaran matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:17
Last Modified: 11 Jun 2021 02:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14527

Actions (login required)

View Item View Item