STUDI PERSEPSI DAN STRATEGI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UIN RADEN INTAN LAMPUNG DALAM MENCAPAI KEBERHASILAN BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI

Ria, Mastutin (2021) STUDI PERSEPSI DAN STRATEGI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UIN RADEN INTAN LAMPUNG DALAM MENCAPAI KEBERHASILAN BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS RIA MASTUTIN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RIA MASTUTIN CETAK FIX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK STUDI PERSEPSI DAN STRATEGI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UIN RADEN INTAN LAMPUNG DALAM MENCAPAI KEBERHASILAN BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI Oleh: Ria Mastutin Masalah yang terjadi dilapangan yaitu mahasiswa pendidikan biologi UIN Raden Intan Lampung belum mengetahui apa saja faktor- faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar selama di Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang menurut mahasiswa dapat mempengaruhi prestasi belajarnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di jurusan pendidikan biologi UIN Raden Intan Lampung. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester 7 tahun ajaran 2019/2020 dengan range IPK tinggi, sedang dan rendah. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Stratified sampling. Data diperoleh melalui melalui wawancara tidak terstruktur dan pernyataan esai atau cerita dari responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa faktor internal dan eksternal mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Data yang diperoleh melalui wawancara dan esai atau cerita menunjukan faktor internal yang dominan mempengaruhi prestasi belajar menurut mahasiswa yaitu indikator motivasi dengan persentase sebesar 80-90%. Faktor lainya meliputi motivasi, sikap, kondisi fisik, minat, bakat, dan intelektual. Sedangkan faktor eksternal yang dominan mempengaruhi yaitu dosen dan keluarga dengan persentase sebesar 80-100%. Faktor lainya meliputi keluarga, dosen, teman, lingkungan sosial dan sarana prasarana. Kata kunci : persepsi dan strategi, Indeks prestasi kumulatif, keberhasilan belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jun 2021 06:40
Last Modified: 10 Jun 2021 06:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14504

Actions (login required)

View Item View Item