TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG SISTIM PENGUPAHAN PENGELOLAAN AIR SENI KELINCI UNTUK PUPUK (Studi Pada Peternakan Kelinci Di Kelurahan Sumberrejo Sejahtera Bandar Lampung)

EDO, ROMADON (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG SISTIM PENGUPAHAN PENGELOLAAN AIR SENI KELINCI UNTUK PUPUK (Studi Pada Peternakan Kelinci Di Kelurahan Sumberrejo Sejahtera Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI EDO ROMADON.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, peternak kelinci menemukan solusi baru untuk membangun perekonomian yang lain, selain membudidayakan kelinci peternak juga mengelola air seni kelinci untuk menambah penghasilan, air seni kelinci tersebut dijadikan pupuk yang sangat berguna bagi sektor pertanian. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana sistim pengupahan pengelolaan air seni kelinci pada peternakan kelinci di Kelurahan Sumberrejo Sejahtera Bandar lampung dan Bagaimana tinjauan Hukum Islam tentang sistem pengupahan pengelolaan air seni kelinci pada perternakan kelinci di Kelurahan Sumberrejo Sejahtera Bandar Lampung. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistim praktik pengupahan pengelolaan air seni kelinci pada peternakan kelinci di Kelurahan Sumberrejo Sejahtera Bandar lampung dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam tentang Bagaimana sistim praktik pengupahan pengelolaan air seni kelinci pada peternakan kelinci di Kelurahan Sumberrejo Sejahtera Bandar lampung. Penelitian dalam skripsi ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Data primer diperoleh melalui teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan interview dan dilengkapi oleh data sekunder. Analisis dilakukan secara kualitatif dengan metode berfikir induktif yang berasal dari fakta-fakta atau peristiwa yang khusus ditarik generalisasi secara umum. Populasi dalam skripsi ini ialah berjumlah 5, dimana jumlah sampel yang diambil ialah 5 orang. Berdasarkan hasil penelitian bahwa sistim pengupahan pengelolaan air seni kelinci di kelurahan Sumberrejo Sejahtera ialah peternak mengelola air seni kelinci dengan melakukan fermentasi dengan bahan rempah secara 2 - 3 minggu. Lalu para pihak yang melakukan pengupahan serta menetapkan tarif upah air seni kelinci sebesar Rp. 15.000 per 500 ml. Namun dalam praktik pengupahan hanya dilakukan dengan akad lisan bukan akad secara tertulis. Pandangan Hukum Islam tentang sistim praktik pengupahan pengelolaan air seni kelinci untuk pupuk di kelurahan Sumberrejo Sejahtera Bandar Lampung sebagaimana disebutkan di atas, telah sesuai dengan prinsip hukum Islam. Dikarenakan praktiknya sesuai dengan pengupahan, sesuai karena memenuhi rukun dan syarat pengupahan. Hanya saja perlu dilengkapi dengan kontrak secara tertulis dan bukan hanya akad secara lisa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jun 2021 04:33
Last Modified: 10 Jun 2021 04:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14500

Actions (login required)

View Item View Item