PENGEMBANGAN APLIKASI PERMAINAN MULTYPLY CARDS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA KELAS 3 SD/MI

FITA, WINDA TAMI (2021) PENGEMBANGAN APLIKASI PERMAINAN MULTYPLY CARDS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA KELAS 3 SD/MI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FITA WINDA TAMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah belum adanya inovasi media pembelajaran berupa aplikasi dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, di sini hanya menggunakan media pembelajaran berupa poster perkalian, sehingga perlu dikembangkannya media pembelajaran yang lainnya yaitu aplikasi permainan multiply cards sebagai media pembelajaran operasi hitung perkalian. Tujuan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1). Mengetahui bagaimana desain pengembangan aplikasi permainan multiply cards sebagai media pembelajaran operasi hitung perkalian kelas III SD/MI, 2). Mengetahui kelayakan pengembangan aplikasi permainan multiply cards sebagai media pembelajaran operasi hitung perkalian kelas III SD/MI, 3). Mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap pengembangan aplikasi permainan multiply cards sebagai media pembelajaran operasi hitung perkalian kelas III SD/MI. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry, yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik dari MIN 11 Bandar Lampung dan SD Negeri 03 Tanjung Harapan Seputih Banyak. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada 2 ahli materi dan 2 ahli media. Adapun angket yang diberikan kepada pendidik dan peserta didik digunakan untuk melihat kemenarikan produk yang dikembangkan. Berdasakan penilaian validasi ahli media mendapatkan nilai rata-rata 85,6% dengan kategori Sangat Layak, dan ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 90,5% dengan kategori Sangat Layak. Adapun Skor rata-rata dari respon pendidik 87% dengan kategori Sangat Layak dan respon peserta didik skala kecil di SDN 03 Tanjung Harapan memperoleh nilai rata-rata 90,7% dengan kategori Sangat Layak, kelompok besar di MIN11 Bandar Lampung memperoleh nilai rata-rata 86,3% dengan kategori Sangat Layak. Hal ini menunjukkan aplikasi permainan multiply cards sebagai media pembelajaran operasi hitung perkalian kelas III SD/MI yang telah dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran khususnya secara Darring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jun 2021 08:01
Last Modified: 09 Jun 2021 08:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14483

Actions (login required)

View Item View Item