MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA BANDAR LAMPUNG

SELAMAT, Surip (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA BANDAR LAMPUNG. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Disertasi_Cover_BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Disertasi Cover sd Lampiran.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (34MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen pembelajaran merupakan pengelolaan pembelajaran mulai dari merencanakan, mengorganisasi, melaksanakan dan mengevaluasi. Keunikan dalam penelitian di MTsN Bandar Lampung yaitu tersedianya asrama untuk peserta didik, system Tahfidz dengan mendatangkan hafidz yang profesional, sistem menghafal doa-doa yang disetor pada setiap minggu, dapat menjadi imam sholat. Peneliti memiliki tujuan dalam disertasi ini yaitu untuk mengungkapkan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di MTsN Bandar Lampung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah fenomenologis naturalistik dan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer (Kepala Sekolah dan guru) dan sumber data sekunder (dokumen, gambar, rencana strategis program kerja). Teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode berfikir induktif. Hasil penelitian MTsN Bandar Lampung yaitu MTsN 1 dan MTsN 2 Bandar Lampung yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran yang diterapkan di MTsN Bandar Lampung meliputi persiapan pembelajaran yang mencakup: pembuatan program tahunan, semesteran, KKM, penilaian KD, menentukan minggu efektif, menyusun Silabus dan RPP serta mempersiapan materi pembelajaran. 2) Pengorganisasian pembelajaran yang diterapkan meliputi: penjadwalan, pendekatan pembelajaran, metode pembelajaran yang digunakan. 3) Pelaksanaan pembelajaran diterapkan dengan mempersiapkan kelas dan materi yang akan disampaikan, membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, absensi, menyampaikan informasi dan memotivasi peserta didik, pelaksanaan guru melakukan free test, teknik pembelajaran, penyampaian materi, latihan-latihan dan evaluasi. 4) Evaluasi Pembelajaran yang diterapkan terdiri dari penilaian secara kognitif, afektif dan psikomotorik. Temuan dalam penelitian ini yang terdiri dari perencanaan pembelajaran di MTsN Bandar Lampung telah sesuai dengan standarisi berdasarkan mutu pendidikan. Pelaksanaan pembelajaran juga telah sesuai dan merujuk dengan standar mutu pendidikan. Evaluasi pendidikan telah sesuai dan merujuk dengan standar mutu pendidikan. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran viiiABSTRACT Learning management is the management of learning starting from planning, organizing, implementing and evaluating. The uniqueness of the research at MTsN Bandar Lampung is the availability of dormitories for students, the Tahfidz system by bringing in professional hafidz, a system of memorizing prayers that are deposited every week, and can become prayer leaders. Researchers have a goal in this dissertation, namely to reveal the planning, organizing, implementing and evaluating learning in MTsN Bandar Lampung. The approach used in this research is naturalistic phenomenological and descriptive qualitative methods. Sources of data used are primary data sources (school principals and teachers) and secondary data sources (documents, pictures, work program strategic plans). Data collection techniques are participant observation, in-depth interviews and documentation. The data analysis technique uses the inductive thinking method. The results of MTsN Bandar Lampung research, namely MTsN 1 and MTsN 2 Bandar Lampung, are: 1) Learning planning implemented at MTsN Bandar Lampung includes learning preparation which includes: making annual programs, semester, KKM, KD assessment, determining effective weeks, compiling syllabus and lesson plans as well as preparing learning materials. 2) Organizing the learning that is applied includes: scheduling, learning approaches, learning methods used. 3) Implementation of learning is applied by preparing classes and material to be delivered, opening lessons by saying greetings, praying, attendance, conveying information and motivating students, implementing teachers doing pre- tests, learning techniques, delivering material, training and evaluation. The findings in this study which consisted of learning planning at MTsN Bandar Lampung were in accordance with standards based on the quality of education. The learning implementation is also in accordance with and refers to the quality standards of education. Educational evaluation is appropriate and refers to education quality standards Keywords: Learning Management ixةرصتخم ةذبن ىه ًف سؽثٌا دشفذ. ٍٍُمرٌاو زٍفٕرٌاو ٍُظٕرٌاو ظٍطخرٌا ِٓ اءً ذت ٍُؼرٌا جسادإ ًه ٍُؼرٌا جسادإ ُرٌ ًرٌا خاىٍصٌا عفؽٌ َاظٔ ىهو ، حٍٕهٌّا ةٍظ يلاخ ِٓ َاظٔو ، بلاطٌٍ ٓواسٌّا شفىذ ، حٌاسشٌا ٖزه ًف فذه ٍٓصؼاثٌٍ. جلاص جدال اىؽثصٌ ْأ ىٍػ جسذمٌاو ، عىثسأ ًو اهػاذٌإ .ًف ٍُؼرٌا ٍٍُمذو زٍفٕذو ٍُظٕذو ظٍطخذ ٓػ فشىٌا ىهو سداصِ. حٍػىٌٕا حٍفصىٌاو حٍؼٍثطٌا شهاىظٌا قشط ىه سؽثٌا ازه ًف َذخرسٌّا طهٌّٕا يشٌذِ (حٌٍولأا خأاٍثٌا سداصِ ًه حِذخرسٌّا خأاٍثٌا سداصِو) ٍٍّٓؼٌّاو طساذٌّا غّظ خإٍمذ). ًّؼٌا طِأشثٌ حٍعٍذاشرسلاا ظطخٌاو سىصٌاو كئاشىٌا (حٌىٔاصٌا خأاٍثٌا خأاٍثٌا ًٍٍؽذ حٍٕمذ َذخرسذ. كٍشىرٌاو حمّؼرٌّا خلاتامٌّاو ، ٍٓوساشٌّا حثلاشِ ًه خأاٍثٌا .ًئاشمرسلاا شٍىفرٌا حمٌشط يزٌاو ٍُؼرٌٍ شٍضؽرٌا ًّشٌ ًف زفٌّٕا ٍُؼرٌا ظٍطخذ: ًه ، و ذٌذؽرٌاتو ، سؽت طئارٔ غٍتاسلأا ذٌذؽذو ، سإٌذٌاو ، ٍٍُمذو ، ًساسذٌا ًصفٌاو ، حٌىٕسٌا طِاشثٌا داذػإ: ًّشٌ ٍُظٕذ. 2) حٍٍٍّؼرٌا داىٌّا داذػإ هٌزوو طوسذٌا ظطخو حٍساسذٌا طهإٌّا غٍّعذو ، حٌاؼفٌا ٍُؼرٌا كٍثطذ ُرٌ. 3) حِذخرسٌّا ٍُؼرٌا قشط ، ٍُؼرٌا طهإِ ، حٌوذعٌا: ًّشٌ كثطٌّا ٍُؼرٌا ، جلاصٌاو ، حٍؽرٌا يىمت طوسذٌا ػرفو ، اهٍٍّسذ ُرٍس ًرٌا داىٌّاو يىصفٌا داذػإ يلاخ ِٓ حٌذٍهّرٌا خاساثرخلاا ءاشظلإ ٍٍّٓؼٌّا زٍفٕذو ، بلاطٌا ضٍفؽذو خاِىٍؼٌّا ًمٔو ، سىضؽٌاو .ٍٍُمرٌاو ، ةٌسذرٌاو ، داىٌّا ٌُذمذو ، ٍُؼرٌا خإٍمذو ، شٌٍاؼٌّا غِ حمفاىرِ دٔاو ًف ٍُؼرٌا ظٍطخذ ِٓ فٌأرذ ًرٌاو حساسذٌا ٖزه ًف طئارٌٕا ٍٍُمرٌا. اهٌٍإ شٍشٌو ٍٍُؼرٌا جدىظ شٌٍاؼِ غِ ٍُؼرٌا زٍفٕذ كفاىرٌ اّو. ٍٍُؼرٌا جدىظ ىٍػ حّئامٌا .ٍٍُؼرٌا جدىظ شٌٍاؼِ ىٌإ شٍشٌو ةسإِ يىتشرٌا

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:07
Last Modified: 07 Jun 2021 06:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14444

Actions (login required)

View Item View Item