METODE DAKWAH DALAM PENGAJIAN IBU-IBU UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN DI DESA SINAR BARU KECAMATAN SUKOHARJO PRINGSEWU

TRI, YULIA ANGGRAINI (2021) METODE DAKWAH DALAM PENGAJIAN IBU-IBU UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN DI DESA SINAR BARU KECAMATAN SUKOHARJO PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI TRI YULIA ANGRAINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pemahaman keagamaan merupakan sesuatu yang berkaitan tentang agama. Pemahaman keagamaan suatu sistem yang memperkuat ilmu atau pengetahuan seseorang tentang agama. Dengan itu bisa meningkatkan kualitas kehidupan dalam keseharian, memperbaiki tingkah laku dan cara dalam beribadah. Masyarakat desa Sinar Baru dusun 002 ini kurang kesadaran akan pentingnya pemahaman keagamaan, sehingga kebanyakan masyarakat disana tidak paham tentang agama Islam dan tidak menerapkan suatu ajaran Islam dikehidupan sehari�hari. Kemudian yang menjadi permasalahannya adalah apa saja bentuk kegiatan pengajian dalam meningkatkan pemahaman keagamaan di desa Sinar Baru dusun 002 dan apa saja metode dan materi dakwah yang digunakan da’i pada pengajian ibu-ibu untuk meningkatkan pemahaman keagamaan. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif. Dengan menggunakan metode populasi dan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode Interview, Observasi dan Dokumentasi. Analisa data dalam penelitian ini dengan cara melihat dari yang sudah dikumpulkan dari Interview, Observasi, Dokumentasi serta dilandasi dengan teori dan pendapat yang sudah ada sebelumnya , sehingga menghasilkan pemahaman di penelitian ini. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode dakwah dalam pengajian ibu-ibu untuk meningkatkan pemahaman keagamaan di desa Sinar Baru dusun 002 Pringsewu adalah da’i yang sangat berperan penting dalam memberikan suatu materi atau ceramah kepada Ibu-ibu. Kegiatan pengajian yang berlangsung setiap hari selasa, jum’at dan Ahad. Di kegiatan pengajian ini terdapat beberapa kegiatan tambahan lainnya seperti halnya, membaca tulis Qur’an, membaca surat Yasin dan siraman rohani setelah selesai membaca surat yasin tersebut. Metode yang digunakan oleh da’i dalam menyampaikan materinya adalah metode bil- lisan, metode praktik/latihan dan metode Tanya jawab. Yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang Islam dan mengajarkan tentang ibadah yang benar kepada ibu-ibu disana. Dan berharap ibu-ibu yang mengikuti pengajian tersebut ada peningkatan tentang pemahaman keagamaan dan jika sudah paham akan Islam, lalu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jun 2021 04:36
Last Modified: 07 Jun 2021 04:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14439

Actions (login required)

View Item View Item