PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 03 TULANG BAWANG TENGAH

Heni, Rotari (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 03 TULANG BAWANG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (13MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FULL HENI ROTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 03 TULANG BAWANG TENGAH Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan berpikir kreatif dan sikap ilmiah peserta didik. Kemampuan berpikir kreatif dipandang penting karena akan membuat peserta didik memiliki banyak cara dalam menyelesaikan permasalahan dengan berbagai persepsi. Sikap ilmiah juga sangat penting dimiliki dan dikembangkan peserta didik, karena berpengaruh pada budi pekerti serta pembentukan karakter yang baik pada peserta didik. Fakta dilapangan menunjukan kemampuan berpikir kreatif dan sikap ilmiah peserta didik belum sesuai dengan yang di harapkan, dikarenakan pembelajaran biologi yang diterapkan masih cenderung berpusat pada guru sehingga kemampuan berpikir kreatif dan sikap ilmiah peserta didik masih rendah. Rendahnya kemampuan berppikir kreatif dan sikap ilmiah peserta didik harus diperbaiki dengan model pembelajaran yang sesuai yaitu Children Learning in Science. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Children Learning in Science terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X SMAN 03 Tulang Bawang Tengah, (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran Children Learning in Science terhadap sikap ilmiah peserta didik kelas X SMAN 03 Tulang Bawang Tengah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode quasi experiment (eksperimen semu), desain penelitiannya adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 03 Tulang Bawang Tengah. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan mendapat perlakuan dengan model pembelajaran Children Learning in Science dan kelas MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan model pembelajaran Direct Instruction. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes soal kemampuan berpikir kreatif dan angket sikap ilmiah. Uji hipotesis yang di gunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan Uji MANOVA. Berdasarkan pada hasil perhitungan uji hipotesis dengan MANOVA, hasil perhitungan data menunjukan bahwa perolehan data nilai signifikansi 0.000<0,05. Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, diambil kesimpulan bahwa Children Learning in Science berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif dan sikap ilmiah peserta didik kelas X SMAN 03 Tulang Bawang Tengah. Kata Kunci: Children Learning in Science, berpikir kreatif, sikap ilmiah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2021 05:41
Last Modified: 03 Jun 2021 05:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14423

Actions (login required)

View Item View Item