PERAN KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH DI MTSN 1 BANDAR LAMPUNG

Novia, Eka Melinza (2021) PERAN KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH DI MTSN 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI   1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI NOVIA EKA MELINZA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam lembaga pendidikan tentu lah sangat dibutuhakannya orang yang dapat menjalankan dan bertanggung jawab atas organisasi itu, sehingga bisa mencapai suatu tujuan. Dalam tatanan madrasah seseorang yang berperan sebagai pemimpin adalah kepala madrasah. Gaya kepemimpinan demokratis dianggap gaya yang baik dan ideal untuk kepemimpinan pendidikan. Gaya kepemimpian demokratis adalah pemimpin menempatkan dirinya sebagai bagian dari kelompok yang bekerja sama dengan bawahannya, dalam menjalankan tugasnya ia dapat menerima kritik dan masukan dari kelompoknya. Kepala MTsN 1 Bandar Lampung, sudah menggunakan gaya kepemimpinan yang demokratis, dan sudah mengimplementasikannya sesuai indikator kepemimpinan demokratis. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana peran Kepemimpinan demokratis kepala madrasah di MTsN 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus, dalam hal ini mengamati kepemimpinan kepala MTsN 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum dan guru MTsN 1 Bandar Lampung. Data sekunder berupa data teoritis, data dokumentasi dan data pendukung lainnya yang diperoleh dari dokumen madrasah. Uji keterbasahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Kepala madrasah mengedepankan musyawarah dalam mengambil suatu keputusan dengan sering diadakannya rapat yang melibatkan guru dan staf; Kepala madrasah bersedia mendengarkan saran dan pendapat bawahannya dan juga menerima kritikan; kepala madrasah bersedia membimbing dan menolong guru dengan diadakannya diskusi dan pelatihan untuk membantu meningkatkan kompetensi guru; Kepala madrasah mampu menciptakan suasana kekeluargaan yang sehat dan menyenangkan dengan cara menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan bawahannya, selalu memberikan motivasi dan juga penenuhan fasilitas yang dibutuhkan bawahanya; Kepala madrasah komunikatif dan membaur dengan guru maupun staff lain dan saat betemu langsung kepala madrasah menyapa bahkan bersalaman dengan guru maupun staf. Kepala madrasah menjadi contoh bagi para bawahannya untuk menjaga komunikasi; Kepala madrasah bersikap adil, adil yang dimaksud disini adalah kepala madrasah bisa menempatkan bawahannya sesuai dengan kemampuannya. Sebagian besar guru disini mengajar dengan bidang kompetensi atau latar belakang pendidikannya masing-masing ; Kepala madrasah memberikan pengembangan karir kepada bawahannya, Melalui pelatihan- pelatihan agar dapat meningkatkan kompetensinya. Kata Kunci : Kepemimpinan Demokratis, Kepala Madrasah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2021 05:33
Last Modified: 03 Jun 2021 05:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14421

Actions (login required)

View Item View Item