PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTADIDIK KELAS VII SMP N 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

CAHYA, ANA ARISKA (2021) PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTADIDIK KELAS VII SMP N 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CAHYA ANA ARISKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP N 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Oleh CAHYA ANA ARISKA Masalah penelitian ini adalah Kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat peningkatan percaya diri dalam pembelajaran siswa dengan menggunakan teknik Role Playing . Tujuan penelitian untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran siswa dengan menggunakan Teknik Role Playing Metode yang digunakan yaitu Observasi dan wawancara dengan sampel 3 siswa yang memiliki kepercayaan diri yang rendahTeknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran dapat dilihat melalui Wawancara yang dilakukan dengan salah satu guru bimbingan Konseling yang menangani kelas VII memperoleh data bahwa selama ini selain di SMP N 1 Bandar Lampung kekurangan jumlah guru bimbingan konseling kendala lain yang dihadapi adalah tidak adanya penggunaan atau pelaksanaan bimbingan konseling yang memang difokuskan di dalam lingkungan kelas. Guru bimbingan konseling akan melakukan bimbingan konseling dikelas jika terdapat kelas-kelas yang memiliki jam kosong sajaDari mulai pertemuan layanan bimbingan konseling yang pertama hingga yang ke tiga telah diperoleh data bahwa kepercayaandiri peserta didikini dinilai kurang efektiv terlaksana peserta didik merasa terbantu dengan adanya layanan bimbingan konseling menggunakan teknik role playing. Ditambah dengan penilaian proses yang dilakukan peneliti juga menunjukan bahwasannya hampir seluruh peserta didik mengikuti, memahami, dan merasa terbantu dengan adanya layanan bimbingan konseling menggunakan teknik Role Playing dalam Meningkatkan Rasa Percaya dirinya.sehinggadapat diketahui bahwa layanan konseling kelompok dengan teknikRole Playing lebih efektif dalam meningkatkan Kepercayaan diri peseta didik kelas VII SMP N 1 Bandar Lampung Ajaran 2019/2020 Kata kunci: Bimbingan dan Konseling, Konseling kelompok, Role Playing dan Rendahnya Kepercayaan diri siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2021 05:17
Last Modified: 03 Jun 2021 05:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14417

Actions (login required)

View Item View Item