PENGARUH KONSELING KOGNITIF PERILAKU DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK DI SMAN 1 BANDAR SRIBAWONO LAMPUNG TIMUR

AYU, ITENG PURNAMASARI (2021) PENGARUH KONSELING KOGNITIF PERILAKU DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK DI SMAN 1 BANDAR SRIBAWONO LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKIRPSI AYU ITENG PURNAMASARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kecemasan akademik adalah perasaan tegang dan ketakutan pada sesuatu yang akan terjadi, dan perasaan tersebut menganggu dalam pelaksanaan tugas dan aktivitas yang beragam dalam situasi akademis. Kecemasan cenderung mengganggu proses belajar dan prestasi dalam pendidikan, bahkan mengganggu perhatian dan kerja memori. Untuk itu kecemasan akademik yang dialami oleh peserta didik perlu mendapatkan perhatian khusus. Sehingga perlu upaya untuk menurunkan kecemasan akademik pada peserta didik melalui layanan konseling kognitif perilaku dengan teknik restrukturisasi kognitif terhadap penurunan kecemasan akadmik pada pesta didik di SMAN 1 Bandar Sribhawono Lampung timur. dengan tujuan siswa dapat memiliki motivasi belajar yang tinggi dan memiliki prestasi belajar yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif pre-ekspreimental designs atau eksperimen dengan desain One�Group pretest– posttest design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 36 peserta didik dengan sampel 5 peserta didik kelas X IPS1 SMAN 1 Bandar Sribhawono Lampung timur. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata skor kecemasan akademik sebelum diberikan perlakuan (layanan) restrukturisasi kognitif diperoleh nilai dari hasil pretest 395, setelah diberikan perlakuan (layanan) restrukturisasi kognitif dan mengalami penurunan dengan hasil posttest 139. Dari hasil uji Z (Wilcoxon) indenpenden non Parametrik menggunakan SPSS versi 20 diperoleh nilai Z sebesar -2,032 dan asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,042. Artinya nilai 0,042 lebih kecil dari < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu hasil rata-rata posttes lebih rendah dari pada pretest 27,8 ≤ 79,0 Sehingga dapat diketahui adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan hasil posttest, artinya dapat dinyatakan bahwa pelaksanaan layanan konseling kognitif perilaku dengan teknik restrukturisasi kognitif berpengaruh terhadap penurunan kecemasan akademik pada peserta didik di SMAN 1 Bandar Sribhawono Lampung Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:21
Last Modified: 03 Jun 2021 04:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14413

Actions (login required)

View Item View Item