PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRETED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII MTs HIDAYATUL MUBTADI’IN KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

Intan, Kurniati Roli (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRETED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII MTs HIDAYATUL MUBTADI’IN KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of cover bab 1-2 dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI INTAN FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar mata pelajaran SKI kelas VII MTs Hidayatul Mubtadi’in Kabupaten Tulang Bawang Barat. Dikarenakan Kurangnya Motivasi dan semangat serta media pembelajaran sehingga peserta didik merasa bosan, sehingga hasil belajar dari peserta didik tergolong rendah. Dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari model Pembelajaran Cooperative Integreted Reading And Composition (Circ) terhadap hasil belajar (kognitif) mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII Mts Hidayatul Mubtadi’in Kabupaten Tulang Bawang Barat. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, jenis penelitian yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, dengan desain menggunakan Non Equivalent Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Hidayatul Mubtadiin Kabupaten Tulang Bawang Barat. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII 1 sebagai kelas kontrol dan VII 2 sebagai kelas eksperimen. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Purporsive Sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil perhitungan uji-t yang telah dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh thitung sebesar 2,54820 dan ttabel sebesar 1,83329 sehingga hasilnya thitung > ttabel yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dari perhitungan uji-t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model Cooperative Integreted Reading And Composition (Circ) dalam hasil belajar (kognitif) mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII Mts Hidayatul Mubtadi’in Kabupaten Tulang Bawang Barat. Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Integreted Reading And Composition (Circ) dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jun 2021 07:29
Last Modified: 02 Jun 2021 07:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14399

Actions (login required)

View Item View Item