PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMFIKASI UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

CHINTHIA, ADINTI (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMFIKASI UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER,BAB 1, BAB 2 , DAPUS  CHINTHIA ADINTI.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI CHINTHIA ADINTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMFIKASI UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA Oleh: Chinthia Adinti Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan penalaran matematis dengan penerapan bahan ajar gamifikasi menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih baik dari pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah Quasy Experiment Design, dengan desain pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPIT Insan Mulia Boarding School Pringsewu. Pengambilan sampel menggunakan teknik acak kelas dengan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen 1 yang menerapkan bahan ajar gamifikasi menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran teams games tournament (TGT) dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis N-Gain penalaran matematis pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada taraf signifikansi diperoleh yang berarti ditolak, karena . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penalaran matematis siswa dengan penerapan bahan ajar gamifikasi menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil komparasi ganda dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan bahan ajar gamifikasi menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih baik dari model pembelajaran konvensional terhadap penalaran matematis (2) penerapan bahan gamifikasi menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) sama baiknya dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) saja (3) model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) sama baiknya dengan model pembelajaran konvensional. Kata kunci : Bahan Ajar Gamifikasi, Model Teams Games Tournament (TGT), Penalaran Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jun 2021 06:39
Last Modified: 02 Jun 2021 06:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14394

Actions (login required)

View Item View Item