KONSEP PSIKOTERAPI ISLAM MENURUT HAMDANI BAKHRAN ADZ-DZAKIY DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

EKA, KURNIAWATI (2021) KONSEP PSIKOTERAPI ISLAM MENURUT HAMDANI BAKHRAN ADZ-DZAKIY DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI EKA KURNIAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sebagaimana diketahui kehidupan manusia sekarang merupakan kehidupan pada era globalisasi dan modernisasi, yang ditandai dengan adanya kemajuan teknologi informasi, manusia sebagai mahluk yang diciptakan lebih sempurna dari pada mahluk lainnya dan tentunya masih memiliki kekurangan dan kelemahan. Sebab yang maha sempurna hanyalah sang pencipta Allah SWT. Dalam menjalani kehidupan didunia manusia tidak lepas dari berbagai masalah muncul karena kekurangan dan kelemahan yang dimilikinya. Masalah yang muncul dapat berasal dari dalam diri maupun dari lingkungannya. Dalam dunia psikologi masalah yang muncul tersebut dikenal sebagai gangguan atau penyakit, ada yang disebut dengan penyakit fisik ada pula penyakit hati atau penyakit jiwa. Hamdani Bakhran Adz-Dzakiy adalah seorang yang menekuni tasawuf, konselor, psikoterapis, dan pendidik. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimana Konsep Psikoterapi Islam Menurut Hamdani Bakhran Adz-Dzakiy Dalam Perspektif Pendidikan Islam?” Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), sumber data primer penelitian ini adalah Buku Konseling dan Psikoterapi Islam karya Hamdani Bakhran Adz-Dzakiy. Penelitian ini menggunakan metode analisis data yakni, data reduction, data display, dan conclusion/ verification dan teknik analisis data nya menggunakan analisis isi (Content Analiysis), metode ini adalah merupakan analisis ilmiah mengenai isi pesan sebuah pemikiran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: Bahwasanya Psikoterapi Islam adalah proses perawatan atau penyembuhan penyakit kebatinan melalui teknik dan metode yang dilaksanakan dengan ajaran Islam yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah serta empirik (pengalaman orang- orang shaleh). Objek nya adalah gangguan mental dan spiritual. Metode Psikoterapi Islam yang digunakan yaitu,Takhalli, Tahalli,Tajjali. Relevansi psikoterapi Islam dalam pandangan pendidikan adalah keterlibatan seorang guru profesional yaitu untuk membimbing dan mendidiknya dengan menggunakan metode psikoterapi Islam Hamdani Bakhran Adz-Dzakiy, ketiga metode tersebut menjadi penyempurna dalam pendidikan Islam, agar peserta didik siap dalam menghadapi segala gangguan mental dan spiritualnya. Dengan konsep ketaatan dalam agama yang ditawarkan dalam psikoterapi Islam diharapkan mampu melahirkan generasi- generasi yang terampil, cerdas, dan bijaksana. Kata kunci: Konsep, Psikoterapi Islam, Pendidikan Islam iiABSTRACT As it is known, human life now is life in the era of globalization and and modernization which is marked by the advancement of information technology, humans as creatures that are created more perfect than other creatures and of course still have shortcomings and weaknesses because the most perfect is only the creator of Allah SWT. In living life the human world, various problems arise because of its shortcomings and weaknesses. Problems that arise can come from within and from the environment. In the world of psychology, the problems that arise are known as disorders or diseases, there is what is called a physical disease, there is also a liver disease or mental illness. Hamdani Bakhran Adz-Dzakiy is a person who studies Sufism, psychotherapist, counselor, and educator. The problem formulation of this research is “What is the concept of Islamic psychotherapy according to Hamdani Bakhran Adz-Dzakiy in the perspective of Islamic education?” The type of research used in this research is library research, the primary data source of this research is the book of Islamic psychotherapy and counseling by Hamdani Bakhran Adz-Dzakiy. This research uses data analysis methods, namely, data reduction, data display, and, data conclusion/verification and the data analysis technique uses content a analysis, this method is a scientific analysis of the contents of the message of a thought. The results of this study indicate that Islamic psychotherapy is the process of treating or curing mysticism through techniques and methods carried out with Islamic teachings, namely Al-Qur’an and Sunnah and empiric (experiences of pious people). Its object is mental and spiritual distress. The Islamic psychotherapy methods used are Takhalli, Tahalli, and Tajjali. The relevance of Islamic psychotherapy in the view of education is the involvement of a professional teacher, namely to guide and educate him using the method of Islamic psychotherapy Hamdani Bakhran Adz-Dzakiy, these three methods are complementary to Islamic education, so that students are ready to face all mental and spiritual disorders. With the concept of religious obedience offered in Islamic psychotherapy, it is hoped that it will be able to produce skilled, intelligent and wise generations. Keywords: Concept, Islamic Psychotherapy, Islamic education

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jun 2021 05:29
Last Modified: 02 Jun 2021 05:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14384

Actions (login required)

View Item View Item