EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM BELAJAR KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

MAYA, LARASATI (2021) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM BELAJAR KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM BELAJAR KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020 Oleh Maya Larasati 1311080033 Konseling Kelompok adalah proses konseling yang dilakukan dalam situasi kelompok, dimana konselor berinteraksi dengan konseli dalam bentuk kelompok yang dinamis untuk memfasilitasi perkembangan individu dan atau membantu individu dalam mengatasi masalah yang dihadapinya secara bersama-sama. Pengertian teknik brainstorming merupakan teknik untuk merangsang munculnya pemikiran-pemikiran kreatif terutama dalam usaha pemecahan masalah. Namun kenyataan yang terjadi di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung, masih ada sebagian peserta didik kelas XI yang belum bisa berkomunikasi dengan baik saat belajar kelompok dan diskusi. Untuk itu penulis mencoba memberikan layanan konseling kelompok dengan teknik brainstorming kepada peserta didik kelas XI IPS SMA Al�Azhar 3 Bandar Lampung, agar peserta didik dapat berkomunikasi dengan baik saat belajar kelompok dan diskusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan konseling kelompok dengan teknik brainstorming efektif dalam peserta didik kelas XI SMA Al�Azhar 3 Bandar Lampung. Metode penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experimental Design dan menggunakan desain penelitian Non Equivalent Control Group Desain. Sampel penelitian berjumlah 16 orang peserta didik di bagi menjadi 2 kelas yaitu kelas kontrol 8 peserta didik dan kelas eksperimen 8 peserta didik di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019/2020 yang memiliki komunikasi interpersonal rendah. Tekhnik pengumpulan data ini menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui terdapat peningkatan komunikasi interpersonal peserta didik setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik Brainstorming. Hasil dari analisis data pretest pada peserta didik setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank, berdasarkan test statistik dari uji Wilcoxon Signed Ranks diperoleh Zhitung ≥ Ztabel (3,524 ≥ 0,4998), nilai asymptotik sig.(2-tailed) untuk uji dua arah sebesar 005 karena sig ≤ 0.005, ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dari hasil data tersebut komunikasi interpersonal peserta didik kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung dapat ditingkatkan melalui layanan konseling kelompok. Artinya layanan konseling kelompok teknik brainstorming efektif dalam meningkatkan komunikasi interpersonal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 May 2021 04:04
Last Modified: 25 May 2021 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14359

Actions (login required)

View Item View Item