SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KELOMPOK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 1 LAMPUNG SELATAN

MAMNONI, Adam Yazid (2021) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KELOMPOK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 1 LAMPUNG SELATAN. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TESIS 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of TESIS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK MAMNONI Tujuan penelitian ini adalah 1) Sebagai supervisor kepala sekolah mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar, yaitu kepala sekolah harus mampu meneliti,memilih dan memutuskan serta dapat menentukan bagian-bagian mana yang diperlukan bagi kemajuan sekolahnya sehingga tujuan-tujuan pendidikan dapat tercapai semaksimal mungkin. Pandemi covid berdampak pada dunia pendidikan, berbagai jenis lembaga pendidikan termasuk madrasah dituntut bersikap adaptif dalam pelaksanaan proses pendidikan. Kepala madrasah memiliki peran krusial dalam peningkatan mutu pendidikan dan kinerja madrasah. Mengacu pada konsep sekolah efektif, Kepala sekolah sebagai pemegang otoritas tertinggi perlu menerapkan kebijakan berorientasi pada visi misi sekolah. 2) Peran pengawas pendidikan sangat penting dalam membina dan membimbing guru untuk membentuk karekter peserta didik manusia yang berkualitas. Hal ini karena Guru PAI yang sudah memiliki sertifikasi pendidik akan terikat dengan dengan kompetensi professional. Akan tetapi kondisi di lapangan menunjukan bahwa hanya sekitar sebagian saja yang berkompetensi terkait dengan profesinya. Seringkali dalam proses pembelajaran guru menemui beberapa hambatan yang menyebabkan kurang maksimalnya pelaksanaan proses pembelajaran. Disinilah peran kepala sekolah untuk membina dan membimbing guru. Secara spesifik Rumusan masalah yang akan dikaji penilitan ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana cara Kepala Madrasah membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi atau teknik pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa ? 2) Bagaimana Kepala Madrasah membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan potensi siswa? 3) Bagaimana cara Kepala Madrasah membimbing guru dalam mengelola, merawat media dan fasilitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam? 4) Bagaimana cara Kepala Madrasah memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam? Hasil penelitian yang diperoleh: 1) Upaya kepala madrasah dalam pemilihan strategi serta pengarahan pembelajaran menyesuaikan kurikulum serta kbm pada masa pandemi pengarahan juga dalam rapat juga dilaksanakan agar dalam pelaksanaan tidak menemui titik kendala. 2) Dalam pelaksanaan pembelajaran penggunaan seperti google meet, google zoom serta e-learning juga mempermudah bagi pendidik, upaya yang dilakukan kepala madrasah seperti workshop, bimtek serta pelatihan sebagainya dengan tujuan meningkatkan kompetensi juga berjalan lancar. 3) Pentingnya motivasi bagi kepala madrasah menjadikan guru lebih sadar dalam mengelola fasilitas pembelajaran terlebih dalam pembelajaran lebih banyak menggunakan teknologi digital. 4) Kepala Madrasah tidak hentinya memebrikan motivasi serta bimbingan penggunaan teknologi, hasil serta apa yang dicapai tidak terlepas dari kontribusi guru dalam memberikan penyampaian pembalajaran serta prestasi akademik dan non akademik yang sudah dicapai. Kata Kunci: Supervisi Akademik, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 May 2021 03:05
Last Modified: 25 May 2021 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14355

Actions (login required)

View Item View Item