PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTU PETA KONSEP TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK

TRY PUTRI, SETIA DINDA SERA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTU PETA KONSEP TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB -I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of TRY PUTRI SETIA DINDA SERA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTU PETA KONSEP TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK Oleh : Try Putri Setia Dinda Sera 1611060399 Kemampuan literasi sains peserta didik rendah karena pendidik mendominasi pembelajaran sehingga pembelajaran tidak sepenuhnya berpusat pada peserta didik yang menyebabkan peserta didik menjadi kurang aktif dalam proses pembelajaran dan kemampuan literasi sains peserta didik kurang berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu peta konsep terhadap literasi sains peserta didik.Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Quasi Experimen. Desain yang digunakan yaitu The Matching Only and Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari wawncara, tes, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Al- Fatah Natar. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Penelitian ini menggunakan 2 kelas, kelas XI 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI 2 sebagai kelas control. Berdasarkan hasil analisis analisis uji t independent kemampuan berpikir kritis menunjukkan bahwa Sig.(2-tailed) 0,003< α (0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu peta konsep terhadap literasi sains peserta didik di MA Al-Fatah Natar. Kata Kunci : Model Inkuiri Terbimbing, Peta Konsep, Literasi Sains

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2021 04:11
Last Modified: 24 May 2021 04:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14353

Actions (login required)

View Item View Item