IMPLEMENTASI BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMKN 4 BANDAR LAMPUNG

NURAIDA, SARI (2021) IMPLEMENTASI BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMKN 4 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of perpua pusat bab 1.2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NURAIDA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMKN 4 BANDAR LAMPUNG 2020/2021 Oleh Nuraida Sari Kepercayaan diri peserta didik kelas XI SMKN 4 Bandar Lampung terbilang rendah. Permasalahannya yaitu bagaimanakan implementasi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan percaya diri peserta didik dan hambatan dalam pelaksanaannya oleh guru bimbingan dan konseling di SMKN 4 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi bimbingan kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik dan hambatan dalam pelaksanaannya oleh guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan permasalahan, dengan desain studi kasus yaitu studi kasus instrumen tunggal. Jenis laporan penelitian model ini berisi kutipan-kutipan data dalam bentuk narasi. Data dan informasi yang berbentuk narasi ini berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan dilakukan triangulasi sumber sebagai keabsahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi bimbingan kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik di SMKN 4 Bandar Lampung sebagai berikut: a) Tahap Pembentukan, Setelah peneliti melakukan wawancara dengan guru bk, tahap pertama yang dilakukan guru bk adalah mengecek absen lalu perkenalan dengan anggota kelompok dan menjelaskan asas-asas dalam bimbingan kelompok. Tahap Peralihan, b) tahap peraliha dari hasil wawancara yang dilakukan dengan guru bk SMKN 4 Bandar Lampung mengenai tahap peralihan yaitu menjelaskan tentang materi yang akan dibahas, c) Tahap kegiatan, dari hasil wawancara yang dilakukan dengan guru bk SMKN 4 bandar Lampung pada tahap ini guru bk menmpersilahkan peserta didik mengemukakan masalah nya tentang percaya diri, d) Dari hasil wawancara yang dilakukan dengan guru bk SMKN 4 Bandar Lampung yaitu guru bk menyimpulkan tentang topik permasalahan. Hambatan yaitu dari awal-awal pertemuan masih canggung dan saling diam antara anggota lainnya sehingga suasana menjadi kaku dan pasif, selain itu peserta didik cenderung pemalu dan tidak berani untuk menyapa anggota lainnya terlebih dahulu, namun terlepas dari faktor tersebut tugas guru bimbingan konseling adalah menjadikan suasana cair dan dinamis. Kata kunci : Pelaksanaan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2021 03:43
Last Modified: 24 May 2021 03:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14351

Actions (login required)

View Item View Item