PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASERTIF TRAINING UNTUK MENGATASI PERILAKU CYBERBULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

Devi, Ponidi (2021) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASERTIF TRAINING UNTUK MENGATASI PERILAKU CYBERBULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS  SKRIPSI DEVI.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DEVI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh DEVI PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASERTIF TRAINING UNTUK MENGATASI PERILAKU CYBERBULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021/2022 Cyberbullying adalah suatu bentuk tindakan intimidasi atau Bullying yang dilakukan secara verbal dan non verbal dengan menggunakan media alat elektronik seperti smartphone seperti mengirimkan pesan singkat yang berisi hinaan, ejekan, sindiran. Dimana tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan asertif training untuk mengatasi perilaku cyberbullying pada peserta didik kelas XI SMP Negeri 14 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini pre experimental design dengan bentuk desain one group pre test and post test. Sampel penelitian yang digunakan purposive sampling berjumlah 5 peserta didik terdiri dari kelas IX yang memiliki perilaku cyberbullying tinggi. Berdasarkan hasil analisis data yag diperoleh hasil hipotesis H0 ditolak dan Haditerima dengan hasil thitung ˃ ttabel dengan sig. < 0,05 melalui perhitungan uji t paired sample t-test hasil sig (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 ini menunjukan adanya perbedaan signifikan antara pretest dan postest. Dengan didapatkan hasil rata-rata yang berbeda yaitu pretest berjumlah 115,4 dan nilai rata-rata posttest berjumlah 47.6. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik asertif training sangat berpengaruh terhadap perilaku cyberbullying pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 14 Bandar Lampung. Kata Kunci : Konseling Kelompok , Teknik asertif Training, perilaku cyberbullying

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2021 03:35
Last Modified: 24 May 2021 03:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14348

Actions (login required)

View Item View Item