EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

NADYA, YOENITA (2021) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS 1 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020 Oleh: NADYA YOENITA Pendidikan ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang mengalami masalah kemandirian belajar rendah yakni peserta didik kurang memiliki inisiatif dalam belajar, tidak percaya diri, tidak memiliki rasa tanggung jawab dalam belajar dan kurang disiplin dalam belajar. Sehingga perlu dilakukan penelitian dengan judul efektivitas konseling kelompok dengan teknik modeling dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung tahun ajaran 2019/2020. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperimental. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-equaivalent control Group Design. Teknik modeling dilaksanakan sebanyak 3 kali pada kelompok eksperimen sedangkan pada kelompok kontrol diberikan teknik diskusi sebanyak 3 kali. Subyek observasi dua kali (Pretest dan Posttest). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, angket, dan observasi. Adapun hasil rata-rata skor kemandirian belajar sebelum mengikuti konseling kelompok dengan teknik modeling adalah (37.0833) dan setelah mengikuti konseling kelompok dengan teknik modeling meningkat menjadi (56.33). Dari hasil uji t dengan (df)=11 taraf signifikan sebesar (15.040). Karena nilai thitung > ttabel (15.040 > 2.20099), dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima yang berarti konseling kelompok dengan teknik modeling efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 22 Bandar Lampung. Kata kunci : Konseling Kelompok, Teknik Modeling, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2021 03:29
Last Modified: 24 May 2021 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14346

Actions (login required)

View Item View Item