PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DISERTAI TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH GISTING

Lilik, Alfiani (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DISERTAI TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH GISTING. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi LILIK ALFIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DISERTAI TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH GISTING Oleh Lilik Alfiani Proses belajar mengajar di SMA Muhammadiyah Gisting masih bersifat teacher centered, siswa hanya diberikan bahan ajar yang bersumber dari LKS (Lembar Kerja Siswa) sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa yang hanya 34% mencapai KKM. Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing disertai teknik mind mapping dalam pembelajaran biologi materi plantae terhadap hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain postest only control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Gisting dengan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling yakni kelas eksperimen ( X 2) yang diterapkan model inkuiri terbimbing dan kelas kontrol (X 5) menggunakan pembelajaran direct intruction. Teknik pengumpulan data dengan tes dan non tes. Secara tes yaitu dengan soal pilihan ganda untuk melihat hasil belajar ranah kognitif, Secara nontes yaitu dengan angket untuk melihat hasil belajar afektif dan lembar observasi untuk melihat hasil belajar ranah psikomotor. Setelah data penelitian dikumpulkan kemudian akan dianalisis menggunakan analisis statistik dengan menggunakan uji prasyarat uji normalitas, uji homogenitas dan uji t dengan menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil penelitian didapati nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Teknik Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa kelas X SMA Muhammadiyah Gisting. Kata kunci : Inkuiri Terbimbing, Teknik Mind Mapping, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2021 03:15
Last Modified: 24 May 2021 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14342

Actions (login required)

View Item View Item