PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-TALK DALAM MENGEMBANGKANKEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP IT SMART INSANI TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH T.P 2020/2021

RISKA, CAHYA SAFITRI (2021) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-TALK DALAM MENGEMBANGKANKEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP IT SMART INSANI TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1,2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RIZKA CAHYA SAFITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kepercayaan diri merupakan aspek utama yang harus dimiliki setiap individu. Dan jika dalam proses pembelajaran peserta didik tidak memiliki rasa kepercayaan diri yang baik, maka peserta didik akan mengalami kesulitan dalam perkembangannya serta mendapatkan hasil belajar yang tidak baik atau tidak sesuai dengan keinginannya. Jadi kepercayaan diri harus dikembangkan sejak remaja atau sejak peserta didik menduduki bangku SMP, karena kepercayaan diri bukanlah keahlian yang di turunkan sejak lahir melainkan, rasa percaya diri merupakan usaha yang harus dilakukan. Kepercayaan diri yang belum berkembang dengan baik atau rendah masih terdapat di sekolah SMP IT Smart Insani Terbanggi Besar Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self-talk Dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas VIII Di SMP IT Smart Insani Terbanggi Besar Lampung Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif naratif, data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang melibatkan guru bimbingan dan konseling (BK) yang bertugas serta menangani masalah peserta didik kelas VIII Al-Fatih di SMP IT Smart Insani Terbanggi Besar Lampung Tengah. Hasil penelitian tentang Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Talk dalam mengembangkan kepercayaan diri peserta didik. Langkah-langkah Pelaksanaan Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Talk dalam mengembangkan kepercayaan diri peserta didik adalah sebagai berikut: 1) Berhenti P (pause) dan bertanya Q (question). 2) Guru membantu untuk mengetahui self-talk negatif. 3) Guru membantu melawan self-talk negatif. 4) Guru membantu mengubah self-talk negatif menjadi self-talk positif. 5) Dilakukan secara terus-menerus teknik self-talk. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Teknik Self-Talk, Kepercayaan Diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 May 2021 04:00
Last Modified: 20 May 2021 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14324

Actions (login required)

View Item View Item